Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Satgas Covid-19 Minta Daerah Serius Kendalikan Kasus Positif

Satgas Covid-19 Minta Daerah Serius Kendalikan Kasus Positif Kredit Foto: Antara/Akbar N Gumay
Warta Ekonomi, Jakarta -

Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, meminta pemerintah daerah serius mengendalikan kasus positif Covid-19 di wilayahnya masing-masing. Lonjakan kasus positif dalam beberapa hari terakhir yang bahkan mencapai lebih dari 10 ribu kasus harus diwaspadai semua pihak.

Ia pun meminta agar pemimpin daerah melakukan pengawasan dan penegakan disiplin terhadap penerapan protokol kesehatan (prokes) 3M serta pengawasan terhadap kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat.

Baca Juga: Kajari Meninggal Dunia Usai Dirawat karena COVID-19

“Pemerintah daerah harus lebih serius mengawasi masyarakatnya yang tidak taat protokol kesehatan. Ingat berapapun tempat tidur yang tersedia tidak akan cukup apabila masyarakat tidak disiplin terhadap protokol kesehatan,” kata Wiku di Kantor Presiden, Jakarta.

Selain itu, ia juga meminta daerah agar segera berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 di tingkat pusat jika fasilitas kesehatan di daerah hampir penuh. Sehingga pemerintah dapat mengambil langkah antisipasi penanganan pasien.

Ia mengingatkan, terus meningkatnya kasus positif ini akan menyebabkan kapasitas di rumah sakit semakin penuh serta berpotensi menaikan angka kasus kematian. Bahkan, Wiku menyebut sistem kesehatan di Indonesia akan lumpuh sehingga akan merugikan seluruh masyarakat yang membutuhkan perawatan dan layanan kesehatan lainnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: