Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Habis-habisan Dikritik karena Paksa Tunarungu Bicara, Risma Bersuara: Saya Ingin Tahu Apakah...

Habis-habisan Dikritik karena Paksa Tunarungu Bicara, Risma Bersuara: Saya Ingin Tahu Apakah... Kredit Foto: Instagram/Tri Rismaharini
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia, Tri Rismaharini menjelaskan soal dirinya yang memaksa tunarungu untuk berbicara. Ia mengatakan, hal itu dilakukan untuk memastikan apakah alat bantu dengar yang telah diberikan itu dapat beroperasi atau tidak.

"Saya pengen tahu apakah alat yang saya bantu bisa berfungsi maksimal. Saya jugakan pengen tahu. Kedua apakah sebetulnya dia memang hanya tunarungu atau tuna wicara atau dua-duanya. Nah itu cara mengetesnya begitu, melatih dia untuk bicara," kata Risma dikutip Jumat, 3 Desember 2021.

Baca Juga: Video Viral yang Diduga Banser: Andaikan Negara Ini Bubar, yang Siap Memimpin Indonesia Itu Hanya NU

Risma menceritakan, ketika dirinya menjadi Wali Kota Surabaya ada kasus seorang tunarungu diperkosa dan yang bersangkutan tidak bisa berteriak. Maka, hal itu dilakukan pengetesan kepada tunarungu dalam kegiatan Peringatan Hari Disabilitas International (HDI) 2021.

"Bahkan pemerkosa itu bebas karena dia tidak bisa menjelaskan. Itulah PR (pekerjaan rumah) yang terus terang bagaimana merek bisa survive dikondisi apapun. Minimal dia bisa minta tolong atau teriak minta tolong tolong," ujarnya.

Ia menambahkan, pernah juga ada kejadian seorang tunarungu saat kejadian banjir tidak bisa teriak dan akhirnya orang itu tenggelam.

"Jadi itulah saya sampaikan saya ingin mengoptimalkan kemampuan dia kalau memang dia bisa bicara, itu pilihan setelah itu dia mau bicara atau tidak. Tapi bagi saya saat dia kondisi terdesak dia bisa melakukan sesuatu untuk pengamanan dirinya itu yang paling penting bagi saya," tambahnya.

Untuk itu, Risma memerintahkan kepada seluruh staf Kemensos untuk belajar bahasa isyarat. Saat, sudah 58 orang, termasuk Risma yang nantinya belajar semua.

"Jadi tidak ada niat saya untuk maksa maksa, untuk apa karena itu nanti pasti akan ada pilihan. Jadi saya ingin tahu apakah alat bantu dengar yang kita berikan itu benar berfungsi atau tidak," ujarnya.

Baca Juga: Peningkatan Hartanya Kena Sorot, Orang KPK Blak-blakan: Aset Saya Kebanyakan...

Minimal, lanjut dia, tunarungu itu bisa minta tolong atau yang bersangkutan bisa berjuang untuk dirinya, Sebab, ada kasus tunarungu yang diperkosa bapaknya tapi tidak bisa berbuat apa-apa karena tidak bisa teriak.

"Bahkan yang memperkosa bapaknya sendiri, jadi cerita inilah yang mengetuk saya jadi mengapa inilah saya minta bicara," ujarnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel: