Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Perangkat Jaringan Internet Jitu di Fase New Normal

Ini Perangkat Jaringan Internet Jitu di Fase New Normal Kredit Foto: WE
Warta Ekonomi, Jakarta -

Aktivitas yang mulai terbuka pada saat new normal ternyata membuat kebutuhan internet di kantor semakin penting karena melayani para karyawan yang sebagian bekerja di kantor dan sebagian lagi di rumah. Pemilihan device jaringan internet menjadi kuncinya.

Dalam Mendukung Keberlangsungan usaha pada situasi pandemi, perusahaan  menyusun protokol baru yang harus dijalankan, selain mengatur siapa karyawan yang diprioritaskan bekerja di kantor dan siapa karyawan melanjutkan Work from Home (WFH). Selain itu mengembangkan infrastruktur pendukung, komunikasi yang lancar dan aman, serta dorongan untuk memacu produktivitas, namun tetap aman yang harus dilakukan secara online mulai dari absensi, pengecekan karyawan, virtual meeting, komunikasi dan lainnya, yang artinya membutuhkan internet yang tangguh.

Karena itu, tidak aneh jika perusahaan yang sudah membuka aktivitas kantornya untuk meng-upgrade perangkat jaringan internet yang dimiliki untuk bisa mendukung semua aktivitas dalam sebuah tatanan baru ini. Jika tidak, bisnis mereka akan terkendala, dan akan sulit untuk mengejar ketertinggalan selama 4 bulan masa PSBB maupun persaingan yang makin ketat kedepan.

“Saat ini yang dipikirkan adalah bagaimana membuat internet kantor berjalan dengan maksimal. Lingkungan seperti ini membutuhkan manajemen perangkat jaringan yang lebih advance. Tak heran bila yang lagi popular dicari saat ini adalah access point. Soalnya perusahaan harus melayani karyawan di kantor dan di rumah sekaligus serta pemanfaatan  kebutuhan internet yang makin besar terkait pemasaran," kata Yoshia, Marketing Manager TP-Link Indonesia di Jakarta.

Access point adalah perangkat jaringan yang bertindak sebagai portal bagi perangkat untuk terhubung ke jaringan area lokal, serta digunakan untuk memperluas jaringan nirkabel dan meningkatkan jumlah klien yang dapat terhubung.

Menurut Yoshia,, Access point keluaran TP-Link Indonesia yang naik daun di pasaran saat ini adalah EAP225. Sedangkan untuk pelengkapnya yang paling dicari adalah Power over Ethernet (PoE) Switch yaitu teknologi untuk mengirimkan daya listrik, bersama dengan data, ke perangkat jarak jauh melalui kabel twisted-pair standar dalam jaringan Ethernet.

EAP225 adalah access point dual-band bergerak di frekuensi 2.4GHz dan 5GHz dengan total kecepatan nirkabel hingga 1350Mbps. Dengan teknologi 802,11ac Wave 2 dan MU-MIMO (Multiple User - Multiple Input Multiple Output), menjamin signal nirkabel yang kuat untuk dapat menikmati jaringan Wi-Fi yang super lancar dengan banyak klien pada saat yang sama dan memungkinkan lebih banyak perangkat untuk terhubung tanpa perlambatan ke jaringan. 

"EAP225 juga mendukung 802.3af PoE dan Passive PoE power supply, dimana sumber daya nya langsung didapatkan melalui kabel ethernetnya. Cukup koneksikan kabel Ethernet yang ada dan Anda siap menggunakannya, tidak perlu memasang kabel listrik tambahan di gedung. Instalasi pun mudah, EAP225 ditempatkan di dinding dengan braket yang tersedia satu paket dengan EAP225." 

Tak hanya itu, sebagai pelengkap tersedia Omada Controller yaitu Omada Software Controller dan Omada Hardware Controller OC200. Kedua nya tetap memungkinkan manajemen EAP225 yang terhubung dari mana saja dan kapan saja melalui komputer, laptop, smartphone ataupun tablet.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi

Bagikan Artikel: