Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Morgan Stanley: Euro Digital Bisa Sedot Deposit Bank Zona Eropa 8%

Morgan Stanley: Euro Digital Bisa Sedot Deposit Bank Zona Eropa 8% Kredit Foto: Unsplash/Micheile Henderson
Warta Ekonomi, Jakarta -

Analis di bank investasi multinasional Amerika Morgan Stanley telah memperkirakan kemungkinan perubahan dalam deposito bank zona Eropa jika euro digital diadopsi secara luas.

Menurut para analis, mata uang digital bank sentral Uni Eropa (CBDC) dapat menyedot 8% dari deposito nasabah dari bank-bank zona euro. Bagian ini mungkin jauh lebih tinggi di negara-negara kecil seperti Latvia, Lithuania, Estonia, Slovakia, Slovenia dan Yunani, kata mereka.

Baca Juga: China Tes Yuan Digital Untuk Pembayaran Gaji

Perkiraan analis didasarkan pada skenario "bear case" di mana semua warga zona euro yang berusia di atas 15 tahun mengirim 3.000 euro ($3.637) ke dalam dompet euro digital yang dikendalikan oleh Bank Sentral Eropa.

Seperti dilaporkan sebelumnya, jumlah ini bisa menjadi batas teoritis dari total kepemilikan CBDC oleh penduduk, menurut anggota dewan eksekutif ECB Fabio Panetta.

"Ini secara teoritis dapat mengurangi total simpanan kawasan euro, yang didefinisikan sebagai simpanan rumah tangga dan perusahaan non keuangan, sebesar 873 miliar euro, atau 8%," kata analis Morgan Stanley dikutip dari Cointelegraph (17/7/2021).

Morgan Stanley juga mengatakan bahwa adopsi euro digital dapat sedikit meningkatkan rasio pinjaman terhadap deposito (LDR) rata-rata oleh bank-bank zona euro, meningkatkan kemungkinan bahwa bank mungkin tidak memiliki cukup likuiditas untuk menutupi kebutuhan dana yang tidak terduga.

Rata-rata LDR akan melonjak dari 97% menjadi 105%, para analis memperkirakan, mencatat bahwa bank secara agregat akan “hampir tidak menyadari” efeknya, karena LDR sebelumnya melonjak menjadi 105% pada akhir 2019 sebelum pandemi COVID-19.

Banyak bank di seluruh dunia telah menyatakan keprihatinannya atas bank sentral yang mendapatkan lebih banyak kekuasaan atas jumlah uang beredar dengan mengadopsi CBDC.

Pekan lalu, makalah diskusi Bank of England memodelkan skenario di mana seperlima dari semua simpanan ritel di Inggris disimpan dalam bentuk mata uang digital baru atau CBDC.

“Sebagai hasil dari potensi arus keluar ini, bank-bank komersial harus menyesuaikan neraca mereka sebagai tanggapan untuk mempertahankan rasio likuiditas mereka saat ini,” tulis bank tersebut.

 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Alfi Dinilhaq

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: