Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Euro Digital Tetap Jalan, Pakar: Lebih Baik Pakai Protokol Desentralisasi

Euro Digital Tetap Jalan, Pakar: Lebih Baik Pakai Protokol Desentralisasi Kredit Foto: Crunhbase
Warta Ekonomi, Jakarta -

Anggota dewan Bank Sentral Eropa (ECB) Fabio Panetta berpidato di depan Komite Uni Eropa untuk Urusan Ekonomi dan Moneter pada bulan April, ia menekankan pentingnya privasi dalam setiap potensi peluncuran CBDC di masa depan.

ECB telah melakukan konsultasi publik tentang kemungkinan euro digital, menyaring pendapat lebih dari 8.000 individu dan bisnis. Tanggapan yang muncul kembali menyarankan privasi adalah kekhawatiran nomor satu seputar penerbitan mata uang digital bank sentral.

Baca Juga: Bank Sentral Proyeksikan Potensi Inflasi di April 2021

Dengan 43% responden menyoroti privasi sebagai persyaratan inti, Panetta menyatakan bahwa euro digital dapat memenuhi persyaratan tersebut tanpa mengurangi standar keamanan.

Tanggapan lain dari survei tersebut menyoroti perlunya euro digital untuk memberikan pembayaran yang aman (18%), sementara yang lain berfokus pada pembayaran lintas batas di dalam Uni Eropa (11%). Beberapa responden menyoroti perlunya biaya rendah (9%), dan kemampuan untuk menggunakan sistem meskipun sedang offline (8%).

“Seperti yang telah saya sebutkan, privasi muncul sebagai fitur terpenting dari euro digital. Oleh karena itu, melindungi data pribadi pengguna dan memastikan kerahasiaan tingkat tinggi akan menjadi prioritas dalam pekerjaan kami,” kata Panetta dikutip dari Cointelegraph, Rabu (5/5/2021).

Memang, ECB telah menjajaki teknik peningkatan privasi bahkan sebelum konsep euro digital muncul. Penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa sistem digital masih dapat dipantau untuk aktivitas terlarang, sambil tetap memungkinkan transparansi dan privasi.

Tetapi sementara ECB tampaknya membuat semua suara yang tepat tentang potensi peluncuran CBDC, tidak semua orang setuju bahwa hasil akhirnya akan sangat cerah.

Mantan manajer produk di Apple, dan sekarang kepala operasi Oasis Labs, Anne Fauvre-Willis, mengatakan UE telah terbukti setuju dengan konsep privasi konsumen di masa lalu. Tapi itu tidak akan berarti banyak jika euro digital dikeluarkan dengan sistem terpusat.

“Daripada mengaktifkan ini melalui bank terpusat, mengapa tidak memberdayakan protokol terdesentralisasi untuk melakukan ini sebagai gantinya?" kata Fauvre-Willis.

Jika euro digital dikeluarkan di blockchain Ethereum misalnya, itu akan tunduk pada tingkat desentralisasi dan otonomi yang sama dengan Ether (ETH), dan setiap token lain yang dikeluarkan melalui Ethereum.

Tetapi kemungkinan bank sentral menyerahkan semua kendali atas suplai uangnya ke jaringan yang terdesentralisasi tampaknya sangat tidak mungkin.

Terlebih lagi, keinginan alami manusia untuk mengambil jalan termudah yang tersedia dapat membuat pengguna berduyun-duyun ke euro digital, terlepas dari seberapa besar privasi yang mereka berikan dalam prosesnya, kata Fauvre-Willis.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Alfi Dinilhaq

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: