Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Penuhi Kebutuhan Pertamina, PLN Pasok Keandalan Listrik dan Uap bagi Wilayah Kerja Rokan

Penuhi Kebutuhan Pertamina, PLN Pasok Keandalan Listrik dan Uap bagi Wilayah Kerja Rokan Kredit Foto: PLN
Warta Ekonomi, Jakarta -

PLN senantiasa berupaya memenuhi tiap kebutuhan energi nasional. Komitmen ini kembali tercermin melalui penandatanganan nota kesepahaman tentang Kerja Sama Penyediaan Tenaga Listrik dan Uap untuk Wilayah Kerja Rokan antara PLN dan Pertamina Hulu Rokan (PHR). Wilayah Kerja Rokan akan dikelola oleh Pertamina Hulu Rokan pada 9 Agustus 2021 mendatang.

"SKK Migas sangat mengapresiasi kerja sama antara PLN dan PHR dalam penandatanganan MoU ini dan akan siap membantu ke depannya, mengingat produksi Wilayah Kerja Rokan sangat besar manfaatnya bagi negeri," kata Deputi Perencanaan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Jaffee Suardin, Rabu (30/12/2020).

Baca Juga: Genjot Roda Ekonomi Sulawesi Selatan, PLN Rampungkan Gardu Induk Sengkang

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril, mengatakan bahwa kesiapan PLN dalam menjalankan kepercayaan pemerintah dan Pertamina ini, yakni untuk memastikan pasokan listrik dan uap yang cukup dan andal demi menjaga kegiatan produksi pada Wilayah Kerja Rokan.

"Dalam MOU ini, masa layanan PLN dibagi menjadi dua, yaitu Masa Transisi hanya selama 3 (tiga) tahun yang dimulai dari 9 Agustus 2021 sampai dengan 8 Agustus 2024. Dan, Layanan Permanen yang dimulai sejak tanggal 8 Agustus 2024 dengan menginterkoneksikan sistem pada Wilayah Kerja Rokan dengan Sistem Sumatera," kata Bob Saril, Rabu (30/12/2020).

Bob mengatakan, masa transisi 3 tahun akan dioptimalkan PLN dengan melakukan pembangunan interkoneksi sistem Sumatera untuk menggantikan pasokan transisi dan meningkatkan kapasitas pasokan ke Pertamina Hulu Rokan.

Sementara itu, CEO Pertamina Hulu Rokan, Budiman Parhusip, menuturkan apresiasinya atas sinergitas dan kesiapan PLN dalam penyediaan tenaga listrik dan uap untuk wilayah kerja rokan.

"Pengelolaan wilayah rokan ini sangat penting bagi ketahanan energi nasional. Kami sangat mengharapkan akan penyediaan listrik dan uap dari PLN karena sangat kritikal bagi operasional Wilayah Kerja Rokan kelak," tutur Budiman, Rabu (30/12/2020).

Berprinsip saling memberikan manfaat, PLN senantiasa menyambut baik tiap sinergitas, baik lintas Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Lembaga.

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: