Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Akselerasi Kendaraan Bermotor Listrik, PLN Teken MoU dengan Sejumlah Pihak

Akselerasi Kendaraan Bermotor Listrik, PLN Teken MoU dengan Sejumlah Pihak Kredit Foto: Honda
Warta Ekonomi, Jakarta -

PLN menjalin kerja sama dengan Mitra Kendaraan Listrik, yaitu WIMA/GESITS, Hyundai, Wuling, dan Grab untuk mengakselerasi perkembanganan kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia. Hal ini sebagai wujud keseriusan PLN terkait penyediaan infrastruktur pengisian listrik untuk kendaraan listrik berbasis baterai.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini, Direktur Utama PT Wika Industri Manufaktur (WIMA/GESITS), M. Saryanto, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia, Makmur, Wakil Presiden Direktur PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors), Sun Zhonghao, dan Presiden Direktur PT Grab Teknologi Indonesia, Ridzki D. Kamadibrata,  melalui video conference di Jakarta, Rabu (18/11).

Baca Juga: Amankan Aset Negara untuk Kelistrikan, PLN Apresiasi Kementerian ATR/BPN

PLN berupaya terus mendorong penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai di antara para pelaku usaha, baik produsen kendaraan listrik maupun para pengguna, menuju ketahanan energi nasional, Power Beyond Generations.

"Penandatanganan Nota Kesepahaman ini dimaksudkan untuk memanfaatkan kemampuan, pengalaman, sumber daya, dan fungsi yang dimiliki oleh PLN dan mitra kendaraan listrik guna kepentingan bersama yang dilandasi atas keinginan untuk saling sinergi dan memberikan dukungan pada pelaksanaan percepatan penetrasi program kendaraaan bermotor listrik berbasis baterai di Indonesia," terang Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini.

Melalui kolaborasi ini, diharapkan dapat mengakselerasi pengunaan kendaraan bermotor listrik di Indonesia sehingga dapat memperkuat ketahanan energi di Indonesia. "Kerja sama ini merupakan langkah awal dari inovasi yang dapat diperluas dan dikembangkan guna saling memperkuat value dan manfaat bagi penguatan ekosistem kendaraan bermotor listrik di Indonesia," tambah Zulkifli.

Selain itu, gerakan penggunaan kendaraan listrik ke depan akan sangat massif dan juga sejalan dengan pilar Green dalam transformasi PLN, mengingat penggunaan kendaraan listrik lebih ekonomis, ramah lingkungan, dan menuju peradaban yang modern.

Direktur Utama PT Wika Industri Manufaktur (WIMA/GESITS), M. Saryanto, menyatakan bahwa GESITS tengah memproduksi 2.800 unit mobil listrik dan 1.300 unit dalam proses pengiriman. Menurutnya, kerja sama percepatan Kendaraan Bermotor Listrik ini sangat tepat dan strategis karena dilakukan bersama-sama dengan PLN, mitra transportasi dan produsen kendaraan listrik.

Sementara itu, Grab mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh PLN dan berterima kasih atas kerja sama yang dilakukan.

"Terima kasih kepada PLN atas kesempatan kerja sama ini, kami sangat menyambut baik kolaborasi ini, mengingat sampai saat ini, Grab juga telah memiliki 5.000 armada kendaraan listrik yang terdiri dari grab car, grab bike, dan lain-lain," terang Presiden Direktur PT Grab Teknologi Indonesia, Ridzki D. Kamadibrata.

Ke depannya, PLN akan terus membuka ruang kerja sama bagi pelaku usaha dan produsen kendaraan listrik untuk terus berinovasi dan mengakselerasi pertumbuhan kendaraan listrik di tanah air.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: