Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kirim Sinyal ke Iran, Israel dan UEA Bikin Latihan Besar-besaran Angkatan Udara

Kirim Sinyal ke Iran, Israel dan UEA Bikin Latihan Besar-besaran Angkatan Udara Kredit Foto: Reuters/Osman Orsal
Warta Ekonomi, Tel Aviv -

Angkatan udara Israel (IAF) melakukan latihan Bendera Biru (Blue Flag) kelima bulan ini, dengan untuk pertama kalinya partisipasi skuadron dan pilot pesawat tempur dari Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Italia, Yunani, Prancis, dan India.

Pertama, kepala angkatan udara Uni Emirat Arab (UEA), Wakil Marsekal Ibrahim Nasser Mohammed al-Alawi, tiba di Israel untuk mengamati latihan tersebut, bergabung dengan kepala komandan angkatan udara dari 10 negara lain. Alawi diterima oleh mitranya dari Israel, Mayor Jenderal Amikam Norkin, di pangkalan angkatan udara Palmachim di Israel tengah, di mana mereka meninjau seorang penjaga kehormatan.

Baca Juga: Iran Minta Israel Siaga Tingkat Tinggi Jika Gak Mau Kehilangan 1,5 Miliar Dolar

Sementara perwira senior dari negara-negara Arab telah mengunjungi Israel di masa lalu, kunjungan mereka selalu rahasia.

Kali ini, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengeluarkan foto-foto yang menunjukkan tamu Emirat sedang meninjau penjaga kehormatan bersama Norkin, yang kemudian menyematkan pita latihan di kerah rekannya.

Visual ditayangkan di media Israel, tetapi target audiens mereka adalah 1.700 kilometer (1.050 mil) ke timur, di Teheran.

“Bayangkan skuadron Emirat mengambil bagian dalam latihan Bendera Biru berikutnya, bukan hanya komandan angkatan udaranya,” kata seorang sumber diplomatik senior kepada Al-Monitor dengan syarat anonim.

“Atau, sebagai alternatif, dalam dua minggu, dua bulan atau dua tahun Anda tiba-tiba melihat skuadron IAF mengebor di UEA. Anda dapat membayangkan efek apa yang akan terjadi di Teheran, bukan?” ujarnya lagi.

Al-Monitor telah sering melaporkan dalam beberapa tahun terakhir tentang upaya Iran untuk mengepung Israel —keterlibatan dan kubunya di Suriah, kontrolnya atas Lebanon melalui Hizbullah, upayanya untuk menciptakan kehadiran di Dataran Tinggi Golan Suriah, pengaruhnya terhadap Hamas dan Jihad Islam di Suriah.

Jalur Gaza, potensi penggunaan Yaman sebagai landasan peluncuran untuk serangan rudal terhadap Israel, dan banyak lagi. Apa yang luput dari sorotan, sejauh ini, adalah upaya Israel yang sukses dan tidak kalah menarik untuk mengepung Iran, yang secara tertutup digambarkan sebagai “diplomasi pengepungan.”

Seorang diplomat Barat yang bertugas di wilayah kami baru-baru ini mengatakan kepada Al-Monitor dengan syarat anonim, “Iran dengan rajin memantau perkembangan ini, yang memicu keprihatinan serius di Teheran. Mereka melihat Israel mencapai Bahrain, berlindung di Emirates, berbicara dengan Saudi. Mereka melihat Israel di Azerbaijan. Mereka mengerti bahwa Israel jauh lebih dekat daripada yang mereka kira.”

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: