Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ma'ruf Amin Sanjung Performa Bank-bank Syariah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional

Ma'ruf Amin Sanjung Performa Bank-bank Syariah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional Kredit Foto: Instagram/Maruf Amin
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta bank-bank syariah yang tergabung dalam Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo), untuk terus berperan dan berkontribusi lebih besar, membantu pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi nasional, yang sempat terkontraksi akibat dampak pandemi Covid-19.

Wapres Ma'ruf Amin dalam sambutannya juga memberikan apresiasi yang tinggi terhadap bank syariah yang telah berperan nyata dalam pemulihan ekonomi nasional saat ini.

Baca Juga: Pegadaian Perluas Pasar Ekonomi Syariah dengan Menggandeng Pengusaha Muslimah

Ia memberikan pesan, agar bank syariah agar tetap berdaya tahan tinggi, daya saing tinggi, serta selalu memberikan kontribusi yang positif terhadap pemulihan ekonomi nasional.

"untuk itu, bank syariah diharapkan mengikuti roadmap dari OJK, melalui tiga pilar yaitu penguatan identitas perbankan syariah, sinergi ekosistem ekonomi syariah dan penguatan pengaturan, perizinan dan pengawasan," imbuhnya dalam acara halal bihalal secara virtual.

Ketua Umum Asbisindo, Hery Gunardi mengatakan, bank-bank syariah sebagai salah satu instrumen ekonomi harus berperan. Optimisme Hery bukan tanpa alasan.

Menurutnya, di tengah pandemi Covid-19, bank yang menerapkan sistem syariah masih menunjukan kinerja keuangan yang baik.

Kontribusi aset perbankan syariah di tengah upaya pemulihan ekonomi nasional menunjukan kenaikan 13,11 persen per tahun, kontribusi pembiayaan naik 8 persen dan kontribusi dana pihak ketiga (DPK) naik 11 persen.

"Ini menunjukkan bahwa literasi dan inklusi perbankan syariah semakin membaik," katanya.

Dalam laporannya kepada Wapres, Hery menjelaskan, perkembangan bank syariah di Indonesia telah menjadi perhatian dunia. Hal ini ditunjukkan dari penilaian majalah Forbes pada Mei 2021. Ada tiga bank syariah di Indonesia yang menjadi World Best Banks 2021, yaitu PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), BCA Syariah dan Bank Muamalat Indonesia.

Untuk terus berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional, perbankan syariah melalui Asbisindo akan selalu mengacu pada tiga cara. Pertama, menghimpun semua potensi bank syariah yang ada di Indonesia. Sehingga syiar ekonomi syariah sebagai dakwah bilhal akan meningkatkan kesejahteraan umat.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: