Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Fakta atau Hoaks: Anies Terima Piagam DKI Tertinggi Covid-19

Fakta atau Hoaks: Anies Terima Piagam DKI Tertinggi Covid-19 Kredit Foto: Antara/Suwandy
Warta Ekonomi, Jakarta -

Akun Facebook bernama Sam Budi mengunggah foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mengenakan batik dan memegang trofi dan piagam penghargaan. Pada piagam penghargaan terdapat tulisan "PENGHARGAAN Provinsi Jumlah Covid 19 Tertinggi".

Foto Anies itu terpasang bersamaan dengan tangkapan layar berita dari Cnbcindonesia.com dengan judul "Hari Ini Rekor Tertinggi Kedua Kasus Corona di DKI Pecah Lagi" yang ditayangkan Senin (6/9), dengan penulisnya Ferry Sandi.

Baca Juga: Darurat, Anies Kembali Terapkan PSBB untuk Kelima Kalinya

Dalam unggahan ini, akun Facebook Sam Budi juga menambahkan narasi "Prestasi yg di banggakan oleh pengikutnya????."

HASIL CEK FAKTA

Setelah menelusuri melalui mesin pencari, sebagai dilansir dari Cekfakta.com, faktanya unggahan foto itu adalah hasil suntingan atau editan. Selain itu narasinya pun keliru atau salah.

Foto Anies memegang trofi dan piagam penghargaan adalah ketika Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerima penghargaan untuk kategori "Badan Publik Pemerintah Provinsi Kualifikasi Informatif" dari Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia pada Jumat, 22 November 2019.

Foto yang dijadikan sampul pada artikel CNBC Indonesia bukanlah foto Gubernur Anies, melainkan foto lain dengan keterangan "Foto: Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta Barat melakukan sensus penduduk secara langsung ke permukiman warga di Kelurahan Meruya Selatan, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)."

Dengan begitu, unggahan akun Facebook Sam Budi menurut kategori Misinformasi dan Disinformasi dari First Draft dapat disebut sebagai konten yang dimanipulasi dengan definisi ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu.

SIMPULAN

Unggahan foto itu adalah hasil suntingan atau editan. Selain itu, narasinya pun keliru atau salah. Foto yang dijadikan sampul pada artikel CNBC Indonesia bukanlah foto Gubernur Anies Baswedan.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/4976

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: