Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Anies Ribut Mau Larang Isolasi Mandiri, Pakar: Harusnya...

Anies Ribut Mau Larang Isolasi Mandiri, Pakar: Harusnya... Kredit Foto: Antara/FB Anggoro
Warta Ekonomi, Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melarang pasien positif virus corona atau Covid-19 melakukan isolasi mandiri di rumah. Termasuk untuk pasien berstatus orang tanpa gejala (OTG).

Pakar Epidemiologi dari Universitas Indonesia (UI) Syahrizal Syarif menilai, seharusnya dari awal pasien positif virus corona tak melakukan isolasi mandiri di rumah. Namun, mereka seharusnya diisolasi di tempat yang memang disiapkan untuk karantina.

Baca Juga: Jakarta Tuan Rumah HPN 2021, Anies Baswedan Sodorkan Ancol

"Harusnya dari awal isolasi mandiri jangan dilakukan di rumah tapi di pusat karantina," kata Syahrizal saat dihubungi Okezone di Jakarta, Jumat (4/9/2020).

Bahkan, dirinya sudah mengusulkan sejak awal pandemi virus corona Indonesia masuk. Ini dilakukan agar pasien positif virus corona tak menularkan ke anggota keluarganya.

"Sudah saya usulkan sejak awal wabah untuk menghindari penularan ke keluarga," ucapnya.

Tingginya penambahan kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta setiap harinya membuat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melarang pasien positif Covid-19 melakukan perawatan isolasi mandiri. Pasalnya, isolasi mandiri yang dilakukan pasien justru memicu klaster baru yakni klaster rumah tangga.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, saat ini pihaknya tengah menggodok regulasi larangan isolasi mandiri bagi pasien positif Covid-19. Nantinya, isolasi kepada pasien corona menjadi tanggung jawab pemerintah.

"Isolasi itu akan dikelola oleh pemerintah agar lebih efektif memutus mata rantai penyebaran Covid-19," ujar Anies, Rabu (2/9/2020).

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: