Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pak Anies, Tolong Sediakan Wifi Gratis Buat Sekolah Online!

Pak Anies, Tolong Sediakan Wifi Gratis Buat Sekolah Online! Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah ditiadakan akibat pandemi virus corona (Covid-19). Para murid pun terpaksa harus belajar dari rumah dengan mengandalkan sambungan internet.

Akan tetapi, hal ini menjadi masalah baru sebab tidak semua orang tua mampu menyediakan paket internet untuk anaknya belajar di rumah. Politisi PAN Lukmanul Hakim pun mendesak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyediakan layanan internet gratis, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di permukiman kumuh padat penduduk.

Baca Juga: Idul Adha, Anies Baswedan Ajak Teladani Keluarga Nabi Ibrahim

"Ini menjadi persoalan baru karena sekarang masyarakat itu susah ekonominya. Namun, ada tuntutan daring sekolah anaknya dan harus beli paket setiap hari," kata Lukmanul Hakim dalam keterangnya di Jakarta, Selasa (4/8/2020).

Bahwa kenyataan ini sangat miris lantaran masih banyak permukiman kumuh di kota sebesar Jakarta. Terlebih dari itu, warga yang tinggal di dalamnya kesulitan akses internet untuk anaknya sekolah di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Jadi, orang itu enggak mikir lagi sakitnya, tapi mikir bagaimama mendapatkan rezeki untuk kebutuhan sehari-hari yang menjadi problem," kata Lukmanul.

Dia pun menyarankan kepada Anies Baswedan menggandeng penyedia jasa atau provider internet untuk menyediakan wifi gratis bagi mereka.

Wifi gratis itu nantinya bisa disediakan bagi warga di pos RW setempat atau pun di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA). "Ini harus dipikirkan Pemprov DKI, wifi gratis untuk orang-orang miskin dan tidak mampu untuk anak mereka belajar," katanya.

Anggota DPRD DKI Jakarta ini mengatakan, hari ini seharusnya ada rapat kerja Komisi A bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfotik) DKI Jakarta. Namun, rapat itu sendiri batal lantaran gedung DPRD DKI ditutup akibat adanya anggota dewan yang terpapar Covid-19.

"Saya punya rencana untuk mengungkapkan soal wifi gratis ini di rapat, tapi batal karena ada penutupan kantor. Saya di Komisi A akan fokus untuk memperjuangkan bagaimana wifi di masyarakat bisa gratis," ucap dia.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: