Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ramalan BMKG Sebut Cuaca Ekstrem Masih Akan Melanda Wilayah Ini, Waspada Banjir dan Longsor

Ramalan BMKG Sebut Cuaca Ekstrem Masih Akan Melanda Wilayah Ini, Waspada Banjir dan Longsor Kredit Foto: Antara/Yusran Uccang
Warta Ekonomi, Jakarta -

Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca ekstrem masih akan melanda sebagian wilayah Jawa Tengah hingga dua hari ke depan. Masyarakat dihimbau untuk tetap waspada.

"Cuaca ekstrem dengan hujan berintensitas lebat masih akan terjadi di Jateng hingga Kamis, 25 Februari 2021," kata Kepala BMKG Stasiun Ahmad Yani Semarang, Sutikno dalam siaran pers dilansir Antara, Selasa (23/2/2021).

Baca Juga: Sedia Payung sebelum Hujan! BMKG: 95,91% Wilayah Indonesia Masuk Musim Hujan

Menurut dia, analisis kondisi dinamika atmosfer menunjukkan adanya pola sikonal berupa tekanan rendah di selatan Indonesia.

Pola tersebut, lanjut dia, membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin, serta daerah belokan angin di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya.

Ia menambahkan suhu muka laut yang cukup hangat, massa udara yang labil, serta kelembapan udara yang cukup tinggi dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan.

Sejumlah daerah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem di antaranya Kabupaten Pekalongan, Kendal, Demak, Jepara, Sragen, Boyolali, Wonogiri, Temanggung, Klaten, Sukoharjo, Karanganyar,

Kemudian, Banjarnegara, Cilacap, Kebumen, dan Purworejo, Kota Semarang, Surakarta dan Salatiga.

Oleh karena itu, BMKG mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap potensi terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, serta pohon tumbang.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: