Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

185 Bencana Terjadi di Tanah Air Selama Januari 2021, Masih Akan Berlanjut Hingga...

185 Bencana Terjadi di Tanah Air Selama Januari 2021, Masih Akan Berlanjut Hingga... Kredit Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Warta Ekonomi, Jakarta -

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, 185 bencana terjadi dalam periode 1-21 Januari 2021.

Data per 21 Januari 2021, pukul 10.00 WIB menyebutkan, bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, dan puting beliung masih mendominasi kejadian bencana hingga minggu keempat Januari tahun ini. 127 kejadian banjir terjadi di beberapa wilayah Tanah Air, sedangkan tanah longsor 30 dan puting beliung 21.

Baca Juga: Waspada Bencana Hidrometeorologi Pada Puncak Musim Hujan

Kejadian bencana lain yang tercatat adalah 5 gelombang pasang dan 2 gempa bumi.

Dari sejumlah kejadian, meskipun banjir paling sering terjadi, yang paling banyak mengakibatkan korban jiwa adalah gempa bumi. Korban meninggal akibat gempa bumi, dilaporkan berjumlah 91 jiwa, tanah longsor 41 dan banjir 34. Sementara korban hilang akibat banjir, ada 8 dan gempa 3.

Gempa bumi juga tercatat paling banyak mengakibatkan korban luka-luka. BNPB melaporkan, 1.172 jiwa mengalami luka-luka akibat gempa bumi. Disusul tanah longsor (26), puting beliung (7), dan banjir (5).

Total kerusakan rumah berjumlah 1.896 unit dengan tingkat yang berbeda. BNPB mencatat, jumlah rumah rusak berat ada 147 unit, rusak sedang 63 dan rusak ringan 1.686.

Jumlah kerusakan akibat gempa bumi, khususnya yang terjadi di Sulawesi Barat, masih dalam proses pendataan di lapangan.

Dari kategori rusak berat, tanah longsor menyebabkan kerusakan paling tinggi yaitu 45 unit, disusul gelombang pasang atau abrasi 40, banjir 38 dan puting beliung 24.

Bencana juga mengakibatkan kerusakan fasilitas publik. Dari sejumlah kejadian bencana, tercatat kerusakan pada fasilitas penduduk berjumlah 18 unit, rumah ibadah 15, kesehatan 3, kantor 2 dan jembatan 25.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Alfi Dinilhaq

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: