Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gak Bisa Menutup Diri di Era Keterbukaan, Soal Impor, Jokowi Keluarkan Jurusnya!

Gak Bisa Menutup Diri di Era Keterbukaan, Soal Impor, Jokowi Keluarkan Jurusnya! Kredit Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pasar domestik Tanah Air sangat besar. Namun, ia mengaku tak ingin pasar-pasar Indonesia dibanjiri barang impor.

"Kita tahu pasar domestik kita besar dan saya tidak mau pasar kita dibanjiri oleh produk-produk impor. Nggak mau," katanya di Pameran UMKM JCC Senayan Jakarta, Jumat (20/12/2019).

Lanjutnya, ia mengakui mencegah barang impor di era keterbukaan bukan hal mudah. Namun, salah satu cara mengatasinya ialah bersaing dengan produk impor.

Baca Juga: Ngomel Soal Impor, Pak Jokowi Nggak Ngaca?

Baca Juga: Jokowi Ancam Orang yang Seneng Impor Minyak: Hati-Hati Kamu!

Menurutnya, persaingan itu bisa dari sisi harga, desain hingga kemasan. "Tapi memang bukan hal mudah dalam ekonomi terbuka kita menutup diri, tidak bisa. Tutup nggak boleh impor, nggak bisa. Caranya hanya satu, bagaimana kita bisa berkompetisi dengan produk impor itu. Entah dari sisi harga entah dari sisi desain, kemasan, harus menang," jelasnya.

Kepala Negara menuturkan, dirinya tak ingin meninggalkan pasar domestik saat fokus ekspor. "Artinya jangan sampai kita meninggalkan pasar domestik terlalu konsentrasi ke ekspor sehingga yang dalam negeri diserbu barang luar. Pasar dalam negeri dikuasai, namun setelah itu masuk ke pasar global untuk naikkan devisa," jelasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: