Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Indonesia Utang Rp9 T ke Jerman, Warganet Murka: Jaminannya Apa?

Indonesia Utang Rp9 T ke Jerman, Warganet Murka: Jaminannya Apa? Kredit Foto: Unsplash/Moran
Warta Ekonomi, Jakarta -

Setelah memperoleh pinjaman 1,5 miliar dolar AS (sekitar Rp21,14 triliun) dari pemerintah Australia, Indonesia kembali mendulang pinjaman dari pemerintah Jerman.

Berdasarkan keterangan akun resmi Kedutaan Jerman, dikutip Rabu (18/11/2020), pemerintah Jerman menyalurkan pinjaman 550 juta euro (sekitar Rp9,2 triliun).

Sehari setelah kabar itu mengudara, kata "Jerman" pun menjadi topik tren Twitter Indonesia, berdasarkan pantauan Warta Ekonomi pada pukul 10.40 WIB.

Baca Juga: 4 Tips Jualan Secara Online Bagi UMKM, Catat Ya!

Baca Juga: Lawan Sanksi Amerika, Huawei Resmi Jual Unit Bisnis Ponsel Pintar

Menurut analisis Trendinesia, cuitan dari politikus sekaligus anggota Partai Golongan Karya (Golkar), Achmad Annama Chayat--yang memuat kata 'Jerman'--menarik banyak perhatian.

Para warganet pun menanggapi cuitan itu dengan nada negatif. Salah satu pengguna dengan inisial nama W menuliskan, "Jadi ingin tahu, jaminannya apa? Siapa yang bayar? Duitnya buat dipakai apa? Akses dan informasi untuk melihat duitnya terpakai di sektor mana saja dan siapa manusia yang terlibat di sana?"

Hingga puku 10.54 WIB, ada 3.907 cuitan yang memuat kata "Jerman"; itu pun masih menduduki posisi ke-12 pada daftar topik tren Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Tanayastri Dini Isna

Bagikan Artikel: