Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sahabat Ganjar Peduli Bencana Bergerak Dirikan Dapur Umum Bantu Pengungsi Semeru

Warta Ekonomi, Jakarta -

Sejak bencana erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur terjadi hingga saat ini, Kelompok Relawan Sahabat Ganjar tidak berhenti memberikan bantuannya baik berupa barang maupun tenaganya. Setelah sebelumnya menyalurkan sejumlah bantuan di Candipuro, dan di Penanggal, Kabupaten Lumajang, kini Sahabat Ganjar mendirikan dapur umum, Selasa (8/12).

Posko Dapur Umum Sahabat Ganjar didirikan di Dusun Candipuro Kerajan, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Tampak sejumlah relawan pendukung Ganjar Pranowo ini sudah aktif bergerak memasak sejak malam hari. Dapur Umum Sahabat Ganjar akan menyalurkan bantuan makanan siap saji dalam bentuk nasi bungkus untuk warga pengungsi. 

Seluruh kegiatan Sahabat Ganjar Peduli Bencana ini adalah murni inisiatif dan sumbangan dana dari relawan di 300 cabang DPC Sahabat Ganjar seluruh Indonesia. 

“Kelompok relawan Sahabat Ganjar hingga saat ini sudah memiliki lebih dari 300 cabang di Kota dan Kabupaten seluruh Indonesia. Sehingga kami memiliki respon cepat jika terjadi bencana alam. Teman-teman relawan di daerah lain yang ingin membantu langsung berkoordinasi dengan DPP sehingga bantuan langsung dikoordinasikan untuk dikirim ke lokasi bencana.” Terang Indah CH, Humas DPP Sahabat Ganjar yang turut memantau kondisi Dapur Umum Sahabat Ganjar.

Sementara itu ibu Sumaidah yang ditemui kala memasak di Dapur Umum Sahabat Ganjar mengatakan, “Kami semua adalah emak-emak relawan Sahabat Ganjar Jawa Timur. Melalui group WA kami sepakat membantu memasak di dapur umum ini.”

“Kemarin saya membantu penyerahan bantuan di Posko Koperasi Candipuro-nya langsung. Karena menurut saya kekurangan konsumsi jadi saya dan teman-teman dirikan dapur ini sudah sejak 3 hari. Tujuannya untuk meringankan beban, orang yang terkena musibah.” Tambah Sumaidah.

Dalam kegiatan sebelumnya Sahabat Ganjar telah menyalurkan sejumlah bantuan yang berupa, makanan siap saji, air mineral, selimut, masker, karpet, vitamin, pembalut, obat-obatan dan baju bertuliskan “Sahabat Ganjar” yang secara langsung diberikan kepada korban erupsi Gunung Semeru. Selain berupa barang, Sahabat Ganjar juga menyalurkan sejumlah dana bantuan yang diberikan kepada warga terdampak.

Selain itu, Sahabat Ganjar juga berharap dapat turut serta menjaga kondisi kesehatan pengungsi melalui asupan makanan bergizi. “Harapan kami dari sahabat ganjar dengan berdirinya dapur umum untuk korban erupsi, supaya mendirikan dapur umum ini penambahan gizi, makan mereka bisa seperti semula. Dan yang terpenting para korban tidak khawatir soal makanan,” terang Kesit sebagai penanggung jawab Aksi Sahabat Ganjar Peduli Bencana menjelaskan. 

Hingga Selasa, 7 Desember 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Timur mencatat jumlah korban jiwa mencapai 29 orang. Sedangkan peningkatan jumlah pengungsi akibat erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menjadi 3.657 orang.

Semoga dengan bantuan yang diberikan Sahabat Ganjar kepada korban Erupsi Gunung Semeru bisa meringankan para korban yang terkena dampaknya serta Sahabat Ganjar diseluruh Indonesia dapat terus memperkuat ikatan tali silaturahim dan terjalin dengan baik. 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel: