Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Survei Capres Indikator: Pemilih Jokowi Banyak yang Lari ke Ganjar

Survei Capres Indikator: Pemilih Jokowi Banyak yang Lari ke Ganjar Kredit Foto: Akurat
Warta Ekonomi -

Hasil survei Indikator Politik Indonesia mencatat tiga besar calon presiden dengan elektabilitas tertinggi.Nama-nama tersebut yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menduduki posisi pertama, disusul pada posisi kedua, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan pada posisi ketiga ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Demikian diungkapkan dalam hasil survei berjudul "Kinerja Presiden, Pemulihan Ekonomi Pasca-Pandemi dan Peta Elektoral Terkini".

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, Prabowo memiliki angka elektabilitas tertingggi sebagai calon presiden dengan angka 23,7 persen. Ganjar di urutan kedua dengan angka 20,9 persen, selanjutnya Anies di urutan ketiga dengan angka elektabilitas sebesar 15,1 persen. Baca Juga: Catat! Ganjar Pranowo Tegas Meminta Pemerintah Pusat Lakukan Ini

Beberapa nama menduduki urutan berikutnya, secara berurutan yakni Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan elektabilitas 5,1 persen, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dengan angka 4,6 persen, Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 3,3 persen, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti 2 persen, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 1,7 persen dan Mensos Tri Rismaharini 1,7 persen.

Burhanuddin Muhtadi mengatakan, elektabilitas Ganjar kemungkinan besar berasal dari pemilih Joko Widodo (Jokowi) pada pemilu 2019.

"Pemilih Pak Jokowi lari ke Ganjar. Ganjar nomor dua. Selisihnya tak jauh dengan Pak Prabowo, Anies ketiga," ujar Burhanuddin dalam pemaparan survei yang disiarkan langsung melalui YouTube Indikator Politik Indonesia, Minggu (5/12/2021).

Meski konsisten di urutan paling atas, kata dia, elektabilitas Prabowo tidak terpaut jauh dari Ganjar yang berada pada posisi kedua dalam hasil survei. Baca Juga: Sahabat Ganjar Beri Perhatian Serius ke Penyandang Disabilitas

"Jadi survei rutin yang kami gelar menemukan pola di mana Pak Prabowo masih di peringkat pertama, tetapi tidak signifikan terutama dibanding elektabilitas Ganjar Pranowo," katanya.

Namun demikian, ia menjelaskan, simulasi dengan 30 nama, 10 nama, dan 8 nama masih tetap menunjukkan bahwa Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi dibandingkan dengan Ganjar dan Anies.

"Jadi kami belum menemukan data bahwa Pak Prabowo ada di bawah nama Ganjar atau Anies," katanya.

Untuk diketahui, survei yang dilaksanakan pada 2-6 November 2021 tersebut mengambil sampel sebanyak 2.200 orang di seluruh Indonesia dan dilakukan dengan cara tatap muka. Margin of error dalam survei tersebut sebesar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel: