Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Anies Baswedan Tidak Ragu, Ganjar Pranowo Agak Ragu

Anies Baswedan Tidak Ragu, Ganjar Pranowo Agak Ragu Kredit Foto: Sindonews
Warta Ekonomi, Jakarta -

Aturan makan di warteg paling lama 20 menit, terus jadi perbincangan hangat. Ada yang mendukung, ada pula yang ragu-ragu peraturan tersebut bisa berjalan baik di lapangan. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan termasuk yang mendukung aturan ini. Sedangkan Gubernur Jawa Tengah termasuk yang ragu.

Aturan makan di warteg maksimal 20 menit ini ada dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 24/2021 tentang PPKM Level 4 dan 3 di wilayah Jawa-Bali. menindaklanjuti aturan ini, Anies mengeluarkan Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 938 tentang Perpanjangan PPKM Level 4. Dalam Kepgub tersebut, beberapa sektor dan kegiatan mengalami pelonggaran, salah satunya adalah kegiatan makan minum di tempat umum. 

Baca Juga: Anies Baswedan Bawa Kabar Bahagia: Kegentingan Itu Mulai Menjauh...

Menurut Anies, aturan waktu makan maksimal 20 menit di warteg dan warung makan selama PPKM Level 4 harus dipandang sebagai upaya mencegah penularan. "Ini adalah usaha untuk mencegah penularan. Jadi intinya makan secukupnya, jangan nongkrong, langsung pulang," kata Anies, kemarin. 

Karenanya, dia meminta setiap orang yang terpaksa membuka masker di tempat umum untuk makan, sesegera mungkin memakai kembali maskernya. "Karena itu, ketika lepas masker nggak usah dimenitin (dihitung per menit), sesebentar mungkin," tambah mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu. 

Lalu, bagaimana pengawasan petugas di warteg? Anies tak menjelaskan secara detail. Dia hanya meminta semua pihak bisa mematuhi ketentuan yang sudah diatur Pemerintah. 

Anies yakin, waktu 20 menit tersebut cukup untuk makan. Sebab, waktu makan sebenarnya tidak lama. Yang lama, yang selama ini sering terjadi, ngobrolnya.

"Kita (selama ini) ini, makannya sebentar tapi ngobrolnya lama. Jadi, ini bukan soal waktu, tapi soal sesedikit mungkin melakukan interaksi yang berpotensi penularan," ungkapnya. 

Keyakinan Anies waktu 20 menit itu cukup juga disampaikan di akun Twitter saat merespons meme dirinya makan di warteg yang viral. Dalam meme tersebut, terlihat Anies sedang mengunyah makanan dan di sampingnya ada seorang wanita yang menunjukan waktu makannya hanya bersisa 9 menit 8 detik.

Foto tersebut diunggah akun @alpukatmentega dengan keterangan foto Anies hanya punya waktu sedikit untuk menghabiskan makanan. "Pak Anies, waktu bapak untuk menghabiskan makanan sisa 9 menit 8 detik!" tulis akun tersebut. "Bisa! Insya Allah," jawab Anies di @aniesbaswedan.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: