Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

LIPI dan Petrokimia Gresik Perluas Kerja Sama dengan Turki

LIPI dan Petrokimia Gresik Perluas Kerja Sama dengan Turki Kredit Foto: Reuters
Warta Ekonomi, Jakarta -

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mendorong PT. Petrokimia Gresik bekerja sama dengan industri pupuk Turki melalui pemanfaatan perjanjian dagang Indonesia-Turkey Comprehensive Economic Partnership Agreement (IT-CEPA).

Saat ini LIPI dan Petrokimia Gresik tengah menjajaki potensi kerjasama tentang riset pengembangan dan investasi. Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko mengatakan pihaknya menyambut baik dan mendorong rencana kerja sama LIPI dan  Petrokimia Gresik dengan Turki.

Baca Juga: LIPI: Vaksin, Kunci Pemulihan Ekonomi Bisa Lebih Cepat

Mengingat LIPI akhir-akhir ini cukup erat menjalin kerja sama dengan Turki dan dapat menjadi perluasan kerja sama. Handoko pun memberikan strategi dalam rencana kerja sama dengan pihak Turki. Menurutnya kerja sama Turki dalam hal ini akan lebih baik jika yang maju terlebih dahulu adalah pihak Industri/BUMN/swasta mengingat Turki berfokus kepada penjualan, bukan science to science

Selanjutnya PT. Petrokimia Gresik dapat melibatkan LIPI sebagai pendamping litbang untuk lebih mengetahui teknis penelitian.

“LIPI dapat menjadi pendamping litbang supaya tidak hanya transfer teknologi serta mengadopsi teknologi, namun juga dapat mengembangkan teknologi itu sendiri sehingga dapat menambah nilai lokal,” imbuh Handoko pada akhir pekan lalu.

Terkait fokus bidang yang akan dikerjasamakan dengan pihak Turki, Petrokimia Gresik menawarkan bidang pupuk khususnya dengan komposisi purun.  Melalui pertemuan ini, pihak Petrokimia Gresik turut mengajak LIPI untuk dapat terlibat dalam kerja sama penelitian dan pengembangan (litbang) pupuk.

“Ini merupakan kesempatan yang baik bagi kami dan pihak Turki juga memiliki ahli pupuk yang dapat berkolaborasi bersama,” ungkap Dwi. Deputi  Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Agus Haryono menambahkan bahwa LIPI juga memiliki riset terkait pupuk yaitu Pupuk Organik Hayati (POH) yang telah diseminasikan ke berbagai daerah di Indonesia.

“Kedepannya LIPI dan PT. Petrokimia Gresik berpotensi melakukan kerja sama dan menghasilkan produk pupuk unggulan dan teknologi nano,” ujar Agus.

Plt. Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Yan Riyanto menuturkan bahwa LIPI terbuka untuk menjalin kerja sama penelitian mikrobiologi untuk penelitian pupuk mengingat LIPI memiliki koleksi mikroba hidup terbesar di dunia untuk teknologi level masa depan.

Selain itu  Petrokimia Gresik dapat melakukan riset dengan menggunakan fasilitas dan alat-alat riset LIPI.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: