Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Polemik Instruksi Mendagri, Peneliti LIPI: Ada Gejala Resentralisasi

Polemik Instruksi Mendagri, Peneliti LIPI: Ada Gejala Resentralisasi Kredit Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Warta Ekonomi, Jakarta -

Peneliti Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2P LIPI) Moch Nurhasim merespons terbitnya Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 6 Tahun 2020. Menurutnya, instruksi tersebut menujukkan adanya gejala resentralisasi. 

"Memang ada gejala resentralisasi dan ini nanti akan punya dampak yang saya kira cukup signifikan dengan apa yang saya sampaikan sebagai sentralisasi dan demokrasi lokal, karena kepala daerah itu dipilih melalui pilkada secara langsung," kata Nurhasim dalam diskusi daring, Sabtu (21/11).

Baca Juga: Pakar Hukum: Mendagri Jangan Sok! Anies Baswedan Nggak Boleh Diberhentikan

Ia menilai konsekuensi dari sentralisasi tersebut bisa berujung pada pemberhentian kepala daerah oleh pemerintah pusat. Menurutnya, pemerintah pusat harus adil dan melihat persoalan ini secara proporsional dan utuh, serta tidak boleh kuat unsur politisasinya.

"Karena ini nanti akan menciptakan kericuhan di dalam konteks demokrasi di tingkat lokal," ujarnya.

Jika resentralisasi dilakukan oleh pemerintah pusat, ia mempertanyakan kemampuan pemerintah pusat dalam menjalankan fungsinya secara optimal. Menurutnya, saat diimplementasikan, banyak kementerian dan lembaga di tingkat pusat tidak memiliki perangkat-perangkat di daerah untuk menjalankan programnya.

"Kalau itu kemudian akan diperbantukan sebagai tugas dekonsentrasi atau perbantuan ke provinsi, itu bisa menimbulkan persoalan kalau belum tentu provinsi belum menjalankan secara maksimal," kata dia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: