Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

What?! SBY Sempat Ragukan Partai Demokrat, Sekarang Ditantang Bikin Partai Yudhoyono!

What?! SBY Sempat Ragukan Partai Demokrat, Sekarang Ditantang Bikin Partai Yudhoyono! Kredit Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha
Warta Ekonomi, Jakarta -

Salah seorang pendiri Partai Demokrat, Wisnu HKP Notonegoro alias Ki Ageng Noto, mengecam langkah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang mendaftarkan Demokrat ke Ditjen HAKI sebagai kekayaan intelektual pribadinya.

"Merk Demokrat yang sudah menjadi milik publik tidak semestinya didaftarkan atas nama pribadi. Karena fatsun politiknya, Demokrat bukan milik pribadi SBY," tegas Wisnu dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 18 April 2021. Baca Juga: Putra Sulung SBY Bicara Tantangan Demokrasi, AHY: Anak Mudah Harus Siap!

Menurut Wisnu, jangankan memiliki, SBY bahkan tak bisa disebut sebagai pendiri Demokrat seperti yang selalu dihembuskan loyalis Cikeas. Wisnu pun berkisah tentang sejarah berdirinya Demokrat, termasuk pemilihan logo yang ia gagas. Baca Juga: Saksi Hidup Sejarah Logo Partai Demokrat Bongkar Fakta: Dokumen Dipalsukan, SBY Itu Hanya....

"Asal muasal digagasnya Partai Demokrat 20 tahun lalu berawal dari gagalnya SBY mencalonkan diri sebagai Wapres pada Sidang Istimewa MPR-RI 2001. Awalnya SBY meragukan Partai Demokrat bisa menjadi kendaraan politiknya. Ruang perpustakaan rumah Cikeas jadi saksi bisu pertemuan empat mata antara saya dan SBY, guna meyakinkan keseriusan kami membuat partai pengusung capres di pemilu 2004," kata Wisnu. 

Usai pertemuan itu, dalam perjalanan pulang dari Cikeas di tengah malam, Wisnu mendapat inspirasi dari lambang segitiga Mercedez Benz di atas kap mobilnya, untuk diadopsi sebagai logo Partai Demokrat.

"Keesokan harinya saya menghubungi Vence Rumangkang (pendiri Demokrat lainnya) sambil dinner ketemu di Hilton Hotel. Saya tunjukkan rancangan lambang Partai Demokrat hasil inspirasi itu berikut arti dan maknanya," lanjut Wisnu.

Rancangan Wisnu kemudian disempurnakan di beberapa bagian atas masukan SBY hingga menjadi lambang Demokrat kini.

"Itu artinya SBY bukan pencipta logo Demokrat, tapi hanya memberikan kontribusi untuk penyempurnaan saja," kata Wisnu.

Ia membantah klaim putra Vence, Steven Rumangkang, yang mengaku mengerjakan logo Demokrat atas ide dan perintah SBY.

"Narasi itu adalah hasil rekayasa dari Zaki (Herzaky Mahendra Putra, Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat)," kata Wisnu.

Atas dasar itulah, Wisnu mengirim surat terbuka meminta Kementerian Hukum dan HAM untuk menolak pendaftaran merk Partai Demokrat yang dilakukan SBY.

"Saya/kami mohon dengan hormat demi keadilan dan kebenaran, agar Dirjen HAKI Kemenkumham menolak dengan tegas pengajuan Hak Cipta dan Kekayaan Intelektual oleh saudara Susilo Bambang Yudhoyono qq. PT. Royal Pesona Indonesia atas logo/lambang Partai Demokrat sebagai milik pribadinya," kata Wisnu. 

Terakhir, Wisnu mengingatkan SBY agar jangan menghancurkan Demokrat demi ambisi pribadinya. Ia menyindir SBY agar membentuk partai sendiri, apabila bernafsu memiliki partai untuk dinastinya.

"Kenapa SBY tidak mendirikan Partai Yudhoyono saja? Dan Demokrat dikembalikan kepada para kader sebagai stakeholder," tutur Wisnu.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Agus Aryanto
Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel: