Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

HUT Ke-74, BNI Dukung UMKM Lebih Produktif dan Kreatif

HUT Ke-74, BNI Dukung UMKM Lebih Produktif dan Kreatif Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Negara Indonesia Tbk. (BNI) genap berusia 74 tahun pada Minggu 5 Juli 2020. BNI akan selalu berupaya menyatukan seluruh itikad dan usaha yang sudah tersebar di masyarakat ke dalam satu semangat yang sama demi kemajuan Bangsa Indonesia.

Untuk memeriahkan hari istimewanya, BNI akan menggelar konser virtual yang diamplifikasi melalui media sosial. Ini sebagai upaya penyatuan semangat dan energi ini diperkaya dengan beragam promo spesial yang hanya ada saat perayaan HUT ke-74 BNI, juga perusahaan-perusahaan anak.

Direktur Utama BNI Herry Sidharta mengatakan, semangat peringatan HUT ke-74 BNI dipadukan melalui tema “Satukan Energi untuk Indonesia di Era New Normal”.

Sebelumnya, aktivitas BNI Berbagi menjadi rangkaian program kepedulian BNI terhadap kondisi lingkungan sekitarnya, sehingga tidak hanya mengejar kinerja keuangan perusahaan, tapi juga membantu orang-orang yang membutuhkan, terutama ketika wabah Covid-19 merebak.

Baca Juga: HUT di Tengah Pandemi, BNI Satukan Energi Optimis untuk Indonesia

Untuk pelaku UMKM yang bisnisnya terhambat, BNI terus menjalankan program pemerintah dengan memberikan relaksasi dan stimulus dalam bentuk subsidi bunga, perpanjangan jangka waktu, hingga penundaan angsuran kepada debitur yang usahanya terkena dampak Covid-19.

Begitu pula untuk melindungi para tenaga medis yang berada di garda terdepan penanganan Covid-19 serta kelompok masyarakat lain yang berisiko tinggi terjangkit, BNI menjadi yang terdepan menjalankan Program Berbagi Swab Test secara Massal dan Gratis.

Tidak kurang dari 30 ribu alat uji usap PCR disiapkan BNI untuk disebarkan ke banyak kota di daerah penyebaran Covid-19 yang tinggi di Indonesia.

Kepedulian BNI dalam mendukung pencegahan Covid-19 sudah dilakukan sejak awal Maret 2020. Saat itu, BNI bersama beberapa BUMN lain mengirimkan sekitar 160 ribu masker hingga ke Hong Kong dan beberapa kota di luar negeri yang memiliki kantor cabang.

Semuanya dtujukan bagi pekerja migran Indonesia di negara-negara yang lebih dulu terpapar Covid-19. BNI juga termasuk yang paling awal memanfaatkan teknologi drone untuk menyemprotkan disinfektan di 50 titik di Jabodetabek.

Baca Juga: Perhatian! Kartu Kredit BNI Wajib Pakai PIN Awal Juli 2020

BNI pun menggerakkan sekitar 30 mitra binaan di berbagai daerah untuk memproduksi alat pelindung bagi tenaga medis, baik baju hazmat maupun masker.

Belum lama ini, BNI mendistribusikan 50 ribu alat pelindung diri kepada tim medis di 182 rumah sakit rujukan di seluruh Indonesia, yang dilengkapi penyanitasi tangan, donasi bagi petugas medis, serta donasi dukungan anak sekolah.

Khusus untuk menyelamatkan kekayaan budaya yang makin langka, BNI memanfaatkan perayaan HUT kali ini dengan mengangkat tujuh kain tradisional (wastra) asli Nusantara.

Ketujuh kain yang kaya nilai budaya tersebut adalah tenun Tidore, yang kini dikembangkan dan dicoba diselamatkan Rumah Kreatif BUMN (RKB) binaan BNI di Ternate; tenun Pontianak (RKB Pontianak); tenun Manggarai (RKB Manggarai); tenun Sengkang dari Sulawesi Selatan (Kampung BNI); tenun Lombok, yang dikembangkan debitur KUR BNI di Mataram; batik Tanah Liek (RKB Padang); dan batik Wonogiren (RKB Wonogiri).

BNI juga mengajak empat desainer ternama Indonesia mendesain karya-karya fashion bernilai tinggi dengan bahan dasar kain-kain langka tersebut. Keempat desainer tersebut adalah Didi Budihardjo, Denny Wiraan, Jenahara Nasution, dan Oscar Lawalata.

Webinar Sebar Energi

Pandemi tidak menghalangi BNI untuk meningkatkan kapabilitas dengan berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Dalam perayaan HUT ke-74, BNI menggelar program Special Stream bertajuk “Share the Energy to Unite in Welcoming New Normal”.

Acara tersebut memiliki lima segmen, yaitu Energy for Indonesian Economy Creative, Energy for Womenpreneur, Energy for Success, Energy for Staying Creative, dan Energy for Rising Up, yang disiarkan YouTube BNI Corporate University.

Dalam sesi webinar Energy for Womenpreneur, hadir sebagai pembicara Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Direktur Bisnis UMKM BNI Tambok P. Setyawati, serta artis yang telah berevolusi menjadi entrepreneur, Maia Estianty.

Berbagai kiat dan pengalaman berharga terbagi dalam sesi ini, terutama bagi para perempuan luar biasa di Indonesia, agar dapat bertahan pada era normal baru.

Dalam sesi Energy for Success, BNI mengundang pengacara Hotman Paris Hutapea, yang merupakan nasabah BNI Emerald. Dipandu Pemimpin Redaksi CNBC Indonesia Wahyu Daniel, Hotman Paris berbagi cerita suksesnya serta keuntungan menjadi nasabah BNI Emerald.

Untuk memberikan warna yang lebih beragam, komposer Weird Genius, Eka Gustiwana, mengisi segmen Energy for Staying Creative. Eka Gustiwana berbagi tips dan trik untuk tetap kreatif dan produktif di era normal baru.

Publik juga mendapat banyak masukan dalam sesi Energy for Rising Up. Dalam sesi ini, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate serta Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies membahas kebijakan yang diambil pemerintah dalam membantu UMKM bangkit seiring dengan dimulainya era normal baru, yang dilengkapi inovasi digital banking di BNI.

Dalam segmen Energy for Indonesian Economy Creative, publik diajak santai bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang dan Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel: