Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

SMF Kucurkan Rp500 Miliar Pembiayaan kepada Bank DKI

SMF Kucurkan Rp500 Miliar Pembiayaan kepada Bank DKI Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo, menyampaikan bahwa PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF mengucurkan pembiayaan sebesar Rp500 miliar kepada Bank DKI dalam menggenjot Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Syariah sehingga ditargetkan mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) khususnya di sektor perumahan.

"Kami optimistis ke depan sinergi antara kedua belah pihak akan terjalin makin baik. Oleh karena itu, kami mengajak kepada BPD lainnya untuk dapat berkolaborasi bersama menggerakkan sektor perumahan di masa pandemi," ujar Ananta, Senin (14/9/2020).

Baca Juga: Mantap! SMF Bakal Dapat Tugas Khusus dari Pemerintah Pusat

Ananta mengatakan, kucuran dana pinjaman itu digelontorkan melalui skema replacement financing menggunakan akad Mudharabah Muqayyadah kepada Bank DKI. Targetnya adalah memperluas akses pemilikan rumah yang layak dan terjangkau untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Ananta menambahkan, selain mendorong program PEN, kucuran pinjaman itu diharapkan menyokong likuiditas bank penyalur KPR, khususnya Bank Pembangunan Daerah (BPD) agar dapat terus terjaga. Dia menuturkan, pihaknya berharap hal tersebut dapat memacu BPD untuk memaksimalkan kemampuannya dalam mendorong pertumbuhan kredit yang tengah terdampak pandemi.

Sebagaimana diketahui, sektor perumahan memiliki 170 lebih industri turutan sehingga diharapkan dapat membantu mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Menurut rencana, kerja sama ini akan dilanjutkan dengan sinergi pengaplikasian Electronic Mortgage Management System (EMMS) untuk mendorong efektivitas Bank DKI dalam melakukan originasi KPR Syariah yang disalurkan, serta program peningkatan kapasitas personel.

Dengan penyaluran pinjaman sebesar Rp500 miliar ini, total penyaluran pinjaman yang telah disalurkan BUMN ini dengan akad syariah kepada Bank Penyalur KPR sejak Januari 2020 hingga saat ini telah mencapai Rp3,95 triiliun.

Sebagai bentuk komitmen kedua pihak dalam bersinergi, SMF dan Bank DKI menandatangani perjanjian pada Kamis (10/9/2020) yang dilakukan oleh Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo dan Direktur Kredit dan Usaha Syariah Bank DKI Babay Parid Wazdi.

Direktur Kredit UMK dan Usaha Syariah Bank DKI, Babay Parid Wazdi, menyampaikan apresiasi atas kepercayaan yang diberikan SMF kepada Bank DKI.

Babay menyebutkan, pembiayaan ini merupakan salah satu bentuk sinergi antara BUMN dan BUMD dan model pembiayaan ini dapat diterapkan SMF dengan Bank Pembangunan Daerah lain di masing-masing daerah.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: