Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Habib Rizieq Tolak Mentah-Mentah Permintaan Kepala Daerah untuk....

Habib Rizieq Tolak Mentah-Mentah Permintaan Kepala Daerah untuk.... Kredit Foto: Muhammad Iqbal/aww.
Warta Ekonomi, Jakarta -

Imam Besar Front Pembesa Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab, menolak tes swab ulang oleh Dinas Kesehatan Kota Bogor. Kecewa dengan sikap tersebut, Wali Kota Bogor, Bima Arya lantas mendatangi ruang rawat inap Habib Rizieq di ruang President Suit RS Ummi, Jumat  (27/11/2020) malam.

Setibanya di lokasi, Bima Arya menanyakan kepada keluarga Rizieq Shihab untuk kesediannya melaksanakan swab ulang. Pasalnya, Pemkab Bogor tidak punya data soal swab yang telah dilakukan. Baca Juga: Habib Rizieq Ditantang Buka Hasil Tes Swab PCR

"Saya tanya, apakah keluarga berkenan untuk dilakukan tes ulang besok," kata Arya dalam pertemuan kunjungan tersebut. 

Namun, Rizieq Shihab yang diwakili menantunya Habib Munief Alatas menolak permintaan tes swab oleh Bima Arya. 

"Kalau untuk tes ulang keliatannya beliau tidak berkenan dan tidak ada urgensinya," jawab Habib Munief. Baca Juga: Eh Buset! Emak-Emak Demo, Minta Polisi Penjarakan Habib Rizieq

Mendengar hal itu Bima Arya kemudian meminta agar keluarga memberikan laporan pemeriksaan yang sebelumnya dilakukan Rizieq Shihab. 

"Kami ingin tahu tadi itu di swabnya sama siapa aja, dokternya siapa, jam berapa, pemberkasannya bagimana kemudian dikirimkan ke lab mana. Kalau kami bisa dapatkan sesuai prosedur enggak masalah silahkan," ujar Bima.

Habib Munief kemudian mengklaim bahwa pemeriksaan Rizieq Shihab sesuai prosedur, menggunakan tim dokter yang benar memiliki kapasitas, termasuk tempat uji laboratorium terkait swab tersebut.

"Saya juga enggak mau, kita enggak pernah memakai lab yang tidak bersertifikat. Mereka menyatakan seperti itu dan sesuai prosedur nanti bisa dipertegas lagi ke Mer-C," terangnya.

Merespons hal itu, Bima mengatakan bahwa pihaknya belum menerima data pemeriksaan tersebut, bahkan dirinya kesulitan untuk mencari siapa dokter yang memeriksa Habib Rizieq. 

"Persoalannya tadi sampai sekarang belum dapat itu, saya tanya siapa yang ngambil enggak tahu, labnya dikirim ke mana juga kita enggak tahu," bebernya.  

Sebelumnya, petugas Dinkes Kota Bogor yang ditugaskan untuk melakukan tes swab atas Habib Rizieq dan keluarga, namun ditolak dengan alasan Habib Rizieq sudah menjalani tes swab mandiri.

Habib Rizieq mengaku telah menjalani tes swab Covid-19 saat pelaksanaan solat Jumat di RS Ummi Kota Bogor. Namun tidak ada yang mengetahui secara pasti terkait pemeriksaan tersebut lantaran tanpa koordinasi dengan Pemerintah Kota Bogor maupun Dinas Kesehatan.

Informasi diterima Pemkot Bogor, swab tes dilakukan tim MER-C dan sampelnya juga dibawa ke laboratorium MER-C di Jakarta. Hasil koordinasi dengan Satgas Covid-19 Jakarta, laboratorium itu tidak terdaftar untuk pemeriksaan Covid-19.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel: