Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

MUI Malang Sebut Habib Rizieq Tak Cerminkan Orang Berilmu

MUI Malang Sebut Habib Rizieq Tak Cerminkan Orang Berilmu Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Malang, KH. Misno Fadhol Hija, menganggap kata–kata lo*t* yang keluar dari ceramah Habib Rizieq saat acara Maulid Nabi bukanlah cerminan mubalig.

Menurut KH. Fadhol, seorang mubalig atau pendakwah harusnya mengucapkan kata–kata yang menyejukkan sesuai dengan cerminan agama Islam yang membawa kedamaian bagi semua umat.

Baca Juga: Baliho Habib Rizieq 'Dihabisi' TNI, Warga Tak Terima: Malah Bikin Resah

"Kalau yang berkaitan ucapan, semestinya seorang tokoh bahasanya harus bahasa yang baik. Kalau ada kata lo*t* (keluar dari) seorang mubalig, aduh kok enggak mencerminkan orang yang punya ilmu dan jabatan tinggi," ujar KH. Fadholi Hija, Sabtu siang (21/11/2020).

Ia menambahkan, kata–kata lo*t* yang diucapkan Rizieq Shihab dianggapnya kata kasar yang tidak pantas diucapkan. Apalagi, yang mengucapkan seorang pendakwah atau pemimpin suatu umat di hadapan para jemaahnya.

"Ini kan bahaya, kata-kata lo*t* itu kan bahasa kasar, di dalam Islam perintah agama, kalau mengajak harus yang mauidhotul hasanah (dakwah dengan ucapan yang baik dan bermanfaat bagi orang lain)," tuturnya.

Maka, ketika seorang pendakwah ucapan dan ceramahnya hanya berisi dorongan–dorongan yang membawa perpecahan dan ketidaknyamanan ke seluruh orang, bisa jadi dipertanyakan keulamaan atau ketokohannya.

"Ya harusnya (ulama, mubalig, atau pendakwah) dengan ucapan yang bagus, dengan etika moral yang bagus. Kalau hanya dorongan–dorongan untuk kepentingan lain, ini enggak membawa kedamaian, enggak membawa ke kenyamanan orang, bahkan bisa merusak persatuan dan kesatuan, ya enggak baik," tutupnya.

Sebelumnya, ceramah Habib Rizieq Shihab dalam peringatan Maulid Nabi pada 14 November 2020 lalu membuat gempar. Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) ini menyebut kata lo*t*, tetapi Rizieq Shihab tak menyebut untuk siapa sebutan itu.

"Ada lo*t* hina habib. Pusing, pusing. Sampai lo*t* ikutan ngomong, iyee... Saya enggak marah. Cuma ada umat ya marah, ngancem mau ngepung lo*t*. Eh polisi kalang kabut jagain lo*t*. Kacau, kacau," kata Rizieq kala itu.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: