Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pernyataan Dubes RI Berbanding 180 Derajat dengan FPI: Habib Rizieq Tak Bisa Keluar

Pernyataan Dubes RI Berbanding 180 Derajat dengan FPI: Habib Rizieq Tak Bisa Keluar Kredit Foto: Twitter/DPP Lembaga Informasi Front
Warta Ekonomi, Jakarta -

Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel angkat bicara perihal kabar kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab ke Tanah Air. Agus mengatakan saat ini Habib Rizieq belum bisa keluar dari Arab Saudi.

"Berdasarkan komunikasi kami dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, bahwa sampai detik ini nama Mohammad Rizieq Syihab (MRS) dalam sistem portal imigrasi Kerajaan Arab Saudi masih 'blinking merah' dengan tulisan ta'syirat mutanahiyah (visa habis) dan dalam kolom lain tertulis: mukhalif (pelanggar UU)," kata Agus Maftuh, Rabu (14/10/2020).

Dalam hal ini bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh Rizieq adalah mutakhallif ziyarah atau overstay dengan visa kunjungan. Selain itu, ada juga kolom ma'lumat al-mukhalif foto pelanggar. Agus menegaskan red blink ini adalah sinyal bahwa Habib Rizieq belum bisa keluar dari Arab Saudi.

Baca Juga: Statusnya Masih Red Blink, Habib Rizieq Mesti Bayar Denda Ratusan Juta & Dibui 6 Bulan

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPD FPI DKI Jakarta, Novel Bamukmin, mengatakan Habib Rizieq segera pulang ke Tanah Air dalam waktu tak lama lagi. Dalam keterangannya, kabar kepulangan HRS tersebut langsung diterimanya dari Kota Mekah, Arab Saudi. Habib Rizieq akan pulang karena disebut sudah tidak ada lagi pencekalan dari otoritas Arab Saudi.

"Adapun inti dari informasi yang kami terima langsung dari Kota Suci Mekkah Al-Mukarromah adalah bahwa setelah melalui proses perundingan panjang antara lB-HRS dan otoritas Saudi Arabia, tanpa bantuan rezim zalim Indonesia, akhirnya terdapat kejelasan dan titik terang mengenai kepulangan lB-HRS," kata Novel dalam keterangannya.

Novel mengatakan cekal yang diberikan kepada Habib Rizieq telah dicabut oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Tak hanya itu, bahkan Habib Rizieq juga dibebaskan dari denda yang sebelumnya diberatkan kepadanya.

"Alhamdulillah wa syukurillah, pada hari ini lB-HRS secara resmi sudah dicabut cekalnya dan sudah dibebaskan dari denda apa pun, karena lB-HRS tidak bersalah," kata Novel.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: