Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Catat! Kepala BMKG Mengimbau Masyarakat untuk Waspada Terhadap Cuaca Ekstrem

Catat! Kepala BMKG Mengimbau Masyarakat untuk Waspada Terhadap Cuaca Ekstrem Kredit Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Warta Ekonomi -

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, terus mengimbau kepada masyarakat agar mewasapdai adanya potensi cuaca ekstrem di Indonesia.

Mulai dari hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir, dan angin kencang masih cukup tinggi potensinya terjadi di berbagai daerah di Tanah Air.

Baca Juga: Pengamat: Nadiem Makarim Saja Berani, Masa Jokowi Nggak?

"Terus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya cuaca ekstrem, antara lain hujan lebat, hujan es, hujan lebat disertai kilat dan petir, kilat atau petir, angin kencang, puting beliung dan seterusnya," kata Dwikorita di Jakarta, belum lama ini.

Ia meminta kepada masyarakat apabila terjadi hujan disertai kilat atau petir hindari lokasi tanah lapang atau pesawahan, hindari berteduh di bawah pohon atau bangunan tidak permanen di area yang lapang.

"Lakukan pemotongan ranting atau dahan pohon yang mudah patah atau roboh ketika terjadi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang," tuturnya.

Dalam rangka mitigasi terhadap bahaya dan ancaman sambaran petir disarankan untuk bangunan rumah, bangunan elektronik, komputasi dan bangunan objek vital nasional.

Baca Juga: Ngabalin Kasih Respons Menohok ke Fadli Zon: Hidupnya Penuh dengan Fitnah!

"Serta bangunan lainnya yang sensitif terhadap sambaran petir agar dipasang sistem penangkal petir terpadu, dan sistem grounding yang memadai," katanya.

Saat ini, BMKG memprediksikan bahwa musim penghujan sudah mulai terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Musim penghujan akan berlangsung hingga awal tahun 2022.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel: