Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lahir dari Keluarga Serba Kekurangan, Pria Ini Kini Jadi Miliarder

Lahir dari Keluarga Serba Kekurangan, Pria Ini Kini Jadi Miliarder Kredit Foto: Unsplash/nullplus
Warta Ekonomi, Jakarta -

Setiap orang memiliki cerita kehidupan yang menjadi pemantik semangat untuk terus maju melanjutkan hidup. Pengalaman inilah yang nantinya akan mengantarkan ke pintu kesuksesan.

Memiliki kehidupan yang tidak mudah, Steven Fernandus termotivasi untuk bangkit memperbaiki nasib. Sebelum sesukses sekarang, ia hanyalah seorang anak dari keluarga yang serba kekurangan.

Perekonomian keluarga yang sangat sulit, membuat Steven nyaris putus sekolah. Sampai akhirnya, biaya pendidikannya dibantu oleh uluran tangan dari para donatur.

"Sebelum berhasil, tinggal di kontrakan kecil ukuran 3x3 dengan papa, mama dan dua adik. Setiap kali hujan pasti banjir dan keluarga tidak bisa tidur," tutur pria berusia 28 tahun itu.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Carl Cook, Pewaris Perusahaan Medis yang Kantongi Rp134 Triliun

Meski hidup serba kekurangan, keluarga Steven tetap peduli pada sesamanya. Dengan segala keterbatasan, mereka membantu para tetangga yang membutuhkan.

Sejak kecil, pria asal Jakarta ini sudah terbiasa mencari uang tambahan sendiri. Ia berjualan kosmetik dari rumah ke rumah, ia lakukan sejak duduk di bangku sekolah. 

"Sejak di bangku sekolah, jualan kosmetik door to door untuk cari uang jajan tambahan, setelah lulus bekerja sebagai penjaga toko dengan gaji Rp 1,3 juta," katanya.

Perjuangan Steven meraih kesuksesan cukup terjal. Selain harus merangkak dari perekonomian rendah, ia sempat tertipu investasi bodong dan terlilit hutang.

Namun ia percaya, Tuhan akan menuntunnya pada jalan keluar. Benar saja, pada usia 23 tahun Steven memulai bisnis online di Instagram hingga bisa meng-endorse artis Tanah Air dan memasang Facebook Ads. 

Baca Juga: Cakep! Jaringan Hotel Milik Pengusaha Indonesia Tembus 30 Besar di Australia

Dari sana, penjualan meroket dan di usia 25 tahun ia mampu menghasilkan hingga miliaran rupiah. Pada akhirnya, ia bisa membelikan rumah senilai Rp 3 miliar untuk keluarganya.

Tak hanya itu, Steven juga berhasil membawa orangtuanya liburan keliling dunia. Selain menjalankan bisnis, Digital Marketer & Investor ini banyak menanam investasi seperti saham dan cryptocurrency yang membuatnya mendulang pundi-pundi.

Meski sudah menjadi pria muda yang sukses, ia tetap tak lupa pada sesamanya. Steven menyisihkan penghasilannya untuk berdonasi dan membantu generasi milenial agar bisa mengubah hidup mereka melalui komunitas yang ia bangun. 

"Saya percaya karena harta di dunia hanya titipan. Tugas kita mengerjakan bagian kita, biar Tuhan yang mengerjakan bagian nya. terus berjuang untuk menjadi berkat di dunia ini sampai Tuhan berkata waktunya pulang," tutupnya.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: