Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Soal Perilaku Konsumen di Tengah Pandemi, Sandiaga Sempat Bingung

Soal Perilaku Konsumen di Tengah Pandemi, Sandiaga Sempat Bingung Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Beberapa bulan belakangan, bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan startup berada dalam mode perjuangan (survival mode) demi bisa kembali bertumbuh pasca-COVID-19.

Sayangnya, mode bisnis ini tak akan bertahan, sebab tidak seorang pun tahu kapan krisis ini akan berlalu. Bahkan, apa yang kita sebut normal di masa pra-pandemi harus mengalami pendefinisian ulang.

Dengan segala permasalahan yang dibawanya, setiap krisis menciptakan winners and losers. Lantas, apa yang harus dilakukan UKM dan startup agar menjadi pemenang di era new normal?. “Pebisnis harus reinvent pengetahuan bisnis mereka untuk memunculkan model bisnis yang baru,” ujar pengusaha nasional Sandiaga Uno di Jakarta, Jumat (24/7/2020).

Baca Juga: Kini Sukses, Ternyata... Sandiaga Pernah Di-PHK

Baca Juga: Kasus Pewaris Tahta Huawei: Pengacara Desak Hakim Tampilkan Bukti

Menurut dia, layaknya pertandingan basket, kalau jalan di kanan akan ditutup maka kita harus pintar pivot ke kiri. Dia menegaskan, bahwa UMKM dan startup, mau tidak mau harus mengedepankan aspek kesehatan dan digitalisasi dalam setiap tahapan bisnis mulai dari pemesanan, pembayaran, produksi, hingga penyediaan barang.

“Zaman sekarang data dan tren bisnis bisa kita dapatkan dengan mudah. Kita tinggal mengamati, meniru, dan memodifikasi tren yang ada sehingga kita memiliki model bisnis baru,” tegasnya.

Adapun bisnis yang saat ini dibutuhkan masyarakat adalah di bidang kesehatan, telekonferensi, kursus terbuka, bioteknologi, hukum, dan clear energy

Sandy melanjutkan, meski mengaku sempat kebingungan menghadapi perubahan perilaku konsumen di awal pandemi, dirinya kini sudah berhasil menyesuaikan model bisnisnya.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Tanayastri Dini Isna

Bagikan Artikel: