Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Nestapa! Rupiah Anjlok Sejadi-Jadinya di Hadapan Mata Uang Dunia!

Nestapa! Rupiah Anjlok Sejadi-Jadinya di Hadapan Mata Uang Dunia! Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kabar revisi angka produk domestik bruto (PDB) Jepang yang mengalami penyusutan lebih dalam menjadi -28,1% pada kuartal II 2020 menjadi pukulan telak bagi nilai tukar rupiah dan mata uang Asia. Alhasil, banyak mata uang regional tumbang di hadapan dolar AS, seperti dolar Taiwan, yen, yuan, dolar Hong Kong, won, dan rupiah.

Baca Juga: Silau! Perusahaan Sandiaga Kantongi Ratusan Miliar Rupiah dari...

Di antara semuanya, nilai tukar rupiah menjadi yang paling nestapa karena juga dibayang-bayangi oleh ancaman resesi ekonomi Indonesia. Bagaimana tidak, rupiah tertekan dan terus mendekat ke level Rp15.000 per dolar AS pada Selasa, 8 September 2020 siang. RTI mencatat, rupiah sempat anjlok ke level terbawah di angka Rp14.863 per dolar AS.

Baca Juga: Indonesia Hadapi Kemungkinan Terburuk, Rupiah di Ujung Tanduk

Sampai dengan pukul 13.30 WIB, rupiah tertahan di zona merah dengan koreksi -0,77% ke level Rp14.827 per dolar AS. Nasib rupiah kian parah karena turut ditekan oleh dolar Australia (-1,07%), euro (-0,78%), dan poundsterling (-0,60%). 

Bukan cuma itu, sang Garuda menjadi mata uang paling lemah se-Asia. Tanpa perlawanan, rupiah keok terhadap dolar Taiwan (-0,88%), yen (-0,75%), won (-0,73%), yuan (-0,70%), dolar Singapura (-0,69%), dolar Hong Kong (-0,68%), dolar Taiwan (-0,63%), ringgit (-0,51%), dan baht (-0,51%). 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Lestari Ningsih
Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel: