Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Satgas Komitmen Jalankan Prosedur Kedatangan Penumpang Internasional dengan Baik

Satgas Komitmen Jalankan Prosedur Kedatangan Penumpang Internasional dengan Baik Kredit Foto: Angkasa Pura II
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Angkasa Pura II (Persero) menginformasikan bahwa saat ini operasional Bandara Soekarno-Hatta merujuk ke sejumlah peraturan sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 di Tanah Air sejak sekitar 4 bulan lalu.

Penanganan kedatangan penumpang internasional di Bandara Soekarno-Hatta dilakukan oleh Satgas Udara dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang terdiri dari unsur gabungan, yakni PT Angkasa Pura II, TNI, Polri, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan, Kantor Otoritas Bandara, Kantor Imigras serta Bea dan Cukai.

Baca Juga: Angkasa Pura II Prediksi Jumlah Penumpang hingga Akhir 2020 Tak Sampai 70 Juta

Adapun prosedur kedatangan penumpang internasional di Bandara Soekarno-Hatta bagi yang membawa surat hasil PCR test dari negara asal adalah: 1. Pengecekan suhu tubuh dan saturasi oksigen; 2. Pemeriksaan dokumen kesehatan (surat hasil PCR test, HAC, form epidemiologi); 3. Proses imigrasi; 4. Pengambilan bagasi; 5. Keluar terminal.

Sementara, bagi mereka yang tidak membawa surat hasil PCR test dari negara asal prosedurnya adalah: 1. Pengecekan suhu tubuh dan saturasi oksigen; 2. Rekomendasi karantina; 3. Pemilihan tempat karantina; 4. Proses imigrasi; 5. Pengambilan bagasi; 6. Tes PCR dari lokasi karantina; dan 7. Proses klirens.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Agus Haryadi, mengatakan bahwa PT Angkasa Pura II selaku pengelola bandara secara rutin melakukan sosialisasi dan publikasi terkait prosedur tersebut dan juga menyiapkan fasilitas agar prosedur dijalankan lancar.

"PT Angkasa Pura II juga menyiapkan berbagai fasilitas untuk mendukung agar prosedur kedatangan penumpang internasional dapat dijalankan dengan lancar. Kami akan memperbaiki apa yang dirasa kurang oleh penumpang," jelas Agus Haryadi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (27/9/2020).

"PT Angkasa Pura II telah menghubungi Trinity untuk menyampaikan permohonan maaf apabila ada pelayanan yang kurang berkenan. Kami juga berkoordinasi dengan seluruh stakeholder agar pelayanan dapat dilakukan dengan lebih ramah," lanjut Agus.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes) Bandara Soekarno-Hatta Anas Ma’ruf mengatakan, saat ini prosedur pengecekan kesehatan sudah dijalankan sesuai dengan peraturan.

"Prosedur sudah dijalankan sesuai peraturan yang ada guna mencegah penyebaran Covid-19. Ke depannya, kami akan meminta agar petugas lebih ramah dalam berkomunikasi dengan penumpang," jelas Anas Ma’ruf.

Ketua Satgas Udara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kolonel Pas M.A Silaban (TNI AU) mengatakan, stakeholder berupaya menjalankan prosedur kesehatan di Bandara Soekarno-Hatta.

"Kami berupaya menjaga agar prosedur kedatangan penumpang internasional dapat dijalankan dengan baik, serta menjaga ketertiban dan keamanan agar penumpang dapat menerapkan physical distancing. Sinergi antara stakeholder akan terus ditingkatkan," jelas M.A Silaban.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: