Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Islamofobia Macron dan Efek Bumerang dari Mantra Menteroriskan Muslim

Islamofobia Macron dan Efek Bumerang dari Mantra Menteroriskan Muslim Kredit Foto: Antara/REUTERS/Gonzalo Fuentes
Warta Ekonomi, Jakarta -

Penilaian rendah dan ketakutannya untuk tidak terpilih kembali menjadi presiden Prancis menyebabkan Emmanuel Macron mengadopsi serangkaian kebijakan. Dalam pandangannya, siasatnya itu akan membuat dirinya populer kembali, sehingga membuat penduduk Prancis mengabaikan masalah saat ini dan fokus pada masalah lain.

Pada September 2020, jajak pendapat IPSOS mengungkapkan bahwa rakyat Prancis memiliki pandangan pesimis terhadap kepemimpinan Macron. Sebanyak 78 persen responden mengatakan bahwa Prancis sedang mengalami penurunan, sedangkan 27 persen sisanya menilai penurunan itu tidak dapat diubah. 

Baca Juga: Macron Hina Islam, Iran Sebut 1,9 Miliar Muslim Jadi Korban Kebencian

Ketika ditanya terkait tiga masalah utama, responden menjawab pandemi Covid-19, daya beli yang menurun, dan masa depan sistem jaminan sosial, seperti dikutip Warta Ekonomi dari TRT World, Selasa (27/10/2020).

Pemerintah Prancis telah menangani dengan buruk ketiga bidang tersebut. Macron gagal mengambil keputusan yang diperlukan untuk melindungi negara selama tahap awal pandemi. Pemerintahnya melakukan kelalaian kriminal di perbatasan dengan memberi tahu orang-orang Prancis bahwa memakai masker tidak perlu.

Respons ceroboh seperti itu, dikombinasikan dengan kebijakan ekonomi Macron yang salah dipahami, sehingga membawa Prancis ke dalam resesi setelah terpuruknya finansial negara. 

Selain itu, bukan rahasia lagi bahwa Macron telah berusaha keras untuk menggoyahkan jaminan sosial Prancis demi agenda neoliberal. Namun, setelah beberapa serangan, dia terpaksa berbalik arah. Dengan latar belakang ini, Macron menjadi Presiden Prancis yang paling tidak populer.

Taktik pengalihan

Macron harus menggunakan taktik pengalihan, seperti stigmatisasi terhadap minoritas Muslim. Strategi ini terdiri dari memperkuat ad nauseam wacana Islamofobia mentah yang menciptakan kesan bahwa Prancis berisiko kehilangan identitas dan masa depannya karena dugaan kekuatan Islam.

Pembunuhan mengerikan seorang guru sejarah berusia 47 tahun, Samuel Paty, memberi Macron kesempatan sempurna untuk menggunakan strategi ini. Macron menyatakan bahwa “dia dibunuh karena para Islamis menginginkan masa depan kita. Mereka tahu bahwa dengan pahlawan pendiam seperti dia, mereka tidak akan pernah memilikinya."

Macron memilih untuk menggandakan wacana anti-Islam. Dia dengan cepat memilih seluruh agama dan mencanangkan RUU yang mengusulkan kebijakan agama ini dengan kedok keamanan nasional.

Buku pedoman neo-konservatif

Dengan kata lain, wacana yang memiliki kemiripan yang kuat dengan buku teks neo-konservatif ini membuka jalan untuk melumpuhkan debat publik dan hukuman kolektif terhadap minoritas Muslim.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: