Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Nias Barat Diguncang Gempa, Begini Kesaksian Warga

Nias Barat Diguncang Gempa, Begini Kesaksian Warga Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Jakarta -

Gempa bumi dengan berkekuatan magnitudo 7,2 terjadi di Kabupaten Nias Barat, Sumatera Barat pada Jumat, 14 Mei 2021, sekitar pukul 13.33 WIB. Gempa yang dimutakhirkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjadi M 6,7 itu juga dirasakan warga di Kota Sibolga.

Salah seorang warga Kota Sibolga, Damai menceritakan guncangan gempa yang terjadi siang tadi tersebut. 

"Terasa gempa itu, di Kota Sibolga kami ini," kata Damai saat dikonfirmasi, Jumat sore, 14 Mei 2021. Baca Juga: Getaran Terasa Hingga Jakarta, Netizen Heboh, Anies Bagikan Tips Hadapi Gempa

Damai mengatakan banyak warga panik untuk menyelamat diri saat terjadi gempa tersebut. Kata dia, warga sempat berlarian dan berhamburan keluar dari rumah atau gedung di Kota Sibolga.

"Iya, cuma sebentar saja goyangnya. Tapi, orang-orang keluar dari rumah lah. Kalau dibilang gempa ya, takut lah," ujar Damai. Baca Juga: OJK Inisiasi Bantuan Korban Gempa Bumi di Jawa Timur

Sebelumnya, Kepala Sub Bidang Direktorat (Kasubdit) Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Barat, Hiramo melaporkan, guncangan gempa bumi tersebut sempat membuat warga berhamburan. 

Berdasarkan laporan BMKG, bahwa gempa bumi tersebut, tidak berpotensi tsunami. "Masyarakat panik dan keluar rumah,” ujar Hiramo melalui keterangan tertulis.

Terasa ke Padang

Guncangan gempa Nias Barat, Sumatra Barat terasa kuat hingga terasa sampai kota Padang, Sumatera Barat. Selain itu, sebagian warga di Kota Padang Panjang, juga merasakan hal yang sama.

Meski demikian, hingga kini belum ada laporan kerusakan bangunan maupun korban jiwa dampak dari lindu yang terletak pada koordinat 0,2 Lintang Utara dan 96,69 Bujur Timur. Lokasi tepatnya di laut pada jarak 125 kilometer arah barat daya Kota Lahomi, Kabupaten Nias Barat dengan kedalaman 10 kilometer.

“Berdasarkan laporan Tim monitoring kita, meski terasa kuat di kota Padang, namun gempabumi Nias ini tidak berdampak di wilayah kita. Tidak menimbulkan kerusakan atau adanya korban jiwa," kata Kepala Pelaksana BPBD Sumatra Barat Erman Rahman, Jumat 14 Mei 2021.

Meski demikian, masyarakat Sumatera Barat diimbau potensi gempa susulan. Hal ini mengingat Sumbar adalah wilayah yang rawan kegempaan.

"Wilayah kita juga rawan gempa Bumi. Untuk itu, kita Imbau agar tetap waspada. Karena Gempa setiap saat bisa saja terjadi," ujar Erman Rahman.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel: