Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perhatian! Pakar Berkumpul Bicara Hal yang Wajib Diketahui Soal Varian Baru di Afrika Selatan

Perhatian! Pakar Berkumpul Bicara Hal yang Wajib Diketahui Soal Varian Baru di Afrika Selatan Kredit Foto: AP Photo
Warta Ekonomi, London -

Ilmuwan Afrika Selatan telah mengidentifikasi versi baru virus corona pada minggu ini ketika infeksi Covid-19 baru-baru ini di Gauteng, provinsi terpadat di negara itu mengalami lonjakan. 

Tidak jelas di mana varian baru itu sebenarnya muncul. Namun pertama kali varian itu terdeteksi oleh para ilmuwan Afrika Selatan dan juga terlihat pada pelancong ke Hong Kong dan Botswana.

Baca Juga: Kekhawatiran Serius Ilmuwan Ketika Afrika Selatan Deteksi Varian Virus Corona Baru, Waspada!

Menteri Kesehatan Joe Phaahla mengatakan varian itu terkait dengan "peningkatan eksponensial" kasus dalam beberapa hari terakhir. Meskipun para ahli masih mencoba untuk menentukan apakah varian baru, bernama B.1.1.529 benar-benar penyebabnya.

Pasalnya, dari lebih dari 200 kasus baru yang dikonfirmasi per hari dalam beberapa pekan terakhir, Afrika Selatan melihat jumlah kasus harian baru meroket menjadi 2.465 per Kamis (25/11/2021). Para ilmuwan mempelajari sampel varian itu dan berjuang untuk menjelaskan peningkatan kasus yang tiba-tiba ada.

Sementara itu pada Jumat (26/11/2021), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumpulkan sekelompok ahli untuk menilai data dari Afrika Selatan, sebagaimana dilaporkan Associated Press.

Mengapa ilmuwan khawatir tentang varian baru ini?

Varian baru ini tampaknya memiliki jumlah mutasi yang tinggi karena memiliki sekitar 30 pada protein lonjakan virus corona. Ahli menyebut bahwa itu adalah tanda yang dapat memengaruhi seberapa mudah virus itu menyebar ke manusia.

Sharon Peacock, yang telah memimpin pengurutan genetik Covid-19 di Inggris di University of Cambridge, mengatakan data sejauh ini menunjukkan varian baru memiliki mutasi “konsisten dengan peningkatan transmisibilitas,” tetapi mengatakan bahwa “signifikansi dari banyak mutasi adalah masih belum diketahui.”

Lawrence Young, seorang ahli virologi di University of Warwick, menggambarkan varian itu sebagai “versi virus yang paling banyak bermutasi yang pernah kita lihat.” Dia mengatakan itu mengkhawatirkan bahwa meskipun varian itu hanya terdeteksi di tingkat rendah di beberapa bagian Afrika Selatan, "sepertinya menyebar dengan cepat."

Apa yang diketahui dan tidak diketahui tentang varian ini?

Kita tahu bahwa varian baru secara genetik berbeda dari varian sebelumnya termasuk varian Beta dan Delta, tetapi kita tidak tahu apakah perubahan genetik ini membuatnya lebih menular atau berbahaya.

Ilmuwan Afrika Selatan telah melihat lonjakan kasus, tetapi kita tidak tahu apakah varian baru bertanggung jawab padanya. Dan ini akan memakan waktu berminggu-minggu untuk memilah apakah vaksin masih efektif untuk melawannya.

Sejauh ini, belum ada indikasi varian penyebab penyakit yang lebih parah. Pakar Afrika Selatan mengatakan bahwa seperti varian lainnya, beberapa orang yang terinfeksi tidak memiliki gejala apa pun.

Meskipun beberapa perubahan genetik pada varian baru tampak mengkhawatirkan, masih belum jelas apakah virus tersebut akan menimbulkan ancaman kesehatan masyarakat yang signifikan. Beberapa varian sebelumnya, seperti varian beta, awalnya mengkhawatirkan para ilmuwan tetapi tidak menyebar terlalu jauh.

Francois Balloux, direktur Institut Genetika di University College London mengatakan tidak mungkin membuat prediksi tentang apakah virus itu lebih berbahaya atau menular berdasarkan susunan genetiknya saja.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: