Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Waskita Divestasi Ruas Tol Cibitung-Cilincing

Waskita Divestasi Ruas Tol Cibitung-Cilincing Kredit Foto: Antara/M Ibnu Chazar
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Waskita Karya (Persero) Tbk melalui anak usahanya, yaitu PT Waskita Toll Road (WTR), telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Bersyarat (PPJB) dengan PT Akses Pelabuhan Indonesia (PT API) atas seluruh kepemilikan saham WTR pada PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (CTP).

CTP adalah pemegang konsesi atas jalan Tol Cibitung-Cilincing. Divestasi jalan tol merupakan bagian dari proses bisnis Waskita sebagai salah satu pengembang infrastruktur terbesar di Tanah Air.

Baca Juga: Waskita Karya Gandeng BUMN China di Proyek Infrastruktur

Waskita menggunakan skema asset recycling, yaitu investmentconstructiondivestment. Terutama, dalam mendorong kinerja usaha. Serta sebagai bentuk nyata kontribusi perusahaan dalam mendukung pembangunan nasional.

Selain bagian dari proses bisnis Waskita, divestasi juga merupakan bagian dari komitmen Waskita dalam rangka penyehatan keuangan perseroan. Serta, menciptakan bisnis yang berkelanjutan.

"Melalui penandatanganan PPJB tersebut, WTR dan PT API menyepakati untuk melakukan pengalihan 55% saham WTR pada CTP melalui skema jual beli dengan nilai transaksi sebesar Rp2,49 triliun," kata Direktur Utama WTR, Septiawan Andri Purwanto, di Jakarta, kemarin.

Saat ini, WTR merupakan pemegang saham atas 55% saham pada CTP, sedangkan API merupakan pemegang saham atas 45% saham pada CTP.

Setelah transaksi diselesaikan, PT API akan menjadi pemegang saham atas keseluruhan CTP. PT API merupakan anak usaha dari PT Pengembang Pelabuhan Indonesia dan PT Pelabuhan Tanjung Priok, serta bagian dari grup perusahaan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero).

PT API bergerak dalam bidang penyediaan jalan akses khusus dan/atau jalan tol kepelabuhan dan fasilitas pendukungnya. Septiawan menjelaskan bahwa dana yang diterima dari hasil divestasi ini akan digunakan untuk mendukung proses bisnis WTR ke depannya.

Adapun proses divestasi CTP ini ditargetkan untuk dapat selesai pada Triwulan III tahun 2021. "Dengan adanya divestasi CTP ini, Waskita diperkirakan dapat menurunkan utang melalui dekonsolidasi hingga Rp5 triliun," tambahnya.

Saat ini, Waskita telah sukses melaksanakan divestasi atas 4 ruas jalan tol dari 9 ruas jalan tol yang ditargetkan untuk dilepas kepada investor di tahun 2021 ini.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: