Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Waskita Karya Resmi Divestasi Dua Ruas Tol

Waskita Karya Resmi Divestasi Dua Ruas Tol Kredit Foto: Yosi Winosa
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Waskita Karya (Persero) Tbk melalui anak perusahaannya, PT Waskita Toll Road (WTR) resmi melepas kepemilikan dua jalan tol. Emiten berkode saham WSKT itu menandatangani perjanjian jual beli bersyarat atau conditional sale purchase agreement (CSPA) untuk melakukan dua transaksi yaitu transaksi konversi saham (Share Swap) dan divestasi dengan pembayaran tunai.

Penandatanganan CSPA ini merupakan perjanjian divestasi 20% saham milik WTR di ruas Tol Semarang – Batang (JSB) dan 34,99% saham milik WTR di Cinere – Serpong (CSJ) kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Baca Juga: Gaji Tidak Naik, Waskita Karya Beberkan Biaya Pegawai Naik Rp134 Miliar di 2020

“Dalam CSPA ini, para pihak sepakat sebagian besar penggunaan transaksi jual beli saham pada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) JSB dan CSJ akan digunakan untuk konversi saham SMI di WTR kepada Waskita,” kata Director Business Development & QHSE PT Waskita Karya (Persero) Tbk Fery Hendriyanto di Jakarta, Selasa (13/4/2021).

Nilai transaksi konversi 10,62% saham SMI di WTR adalah sebesar Rp2,69 triliun yang dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan melalui konversi 6,12% saham SMI di WTR sebesar Rp1,55 triliun dengan dua BUJT yaitu 13,2% kepemilikan saham WTR di JSB setara dengan Rp 1 triliun dan seluruh saham WTR di CSJ sebesar Rp 550 miliar.

Sisa 6,8% kepemilikan saham WTR atas JSB, setara dengan nilai Rp515 miliar, akan diambil alih oleh SMI secara tunai dan dilaksanakan bersamaan dengan penyelesaian transaksi tahap pertama. Tahap kedua merupakan konversi atas 4,501% kepemilikan SMI di WTR sebesar Rp1,14 triliun yang akan dilakukan selambat-lambatnya setahun setelah transaksi tahap pertama selesai dilaksanakan

Direktur Utama WTR Septiawan Andri menjelaskan bahwa setelah menandatangani CSPA, WTR masih harus melakukan pemenuhan persyaratan administrasi dan memastikan proses divestasi dilakukan secara proper dan mematuhi ketentuan yang berlaku.

“Kegiatan divestasi ini merupakan strategi WTR untuk optimalisasi portofolio konsesi jalan tol yang dimiliki dan mendukung percepatan penyelesaian konstruksi jalan tol sebagai bagian dari dukungan terhadap rencana pemerintah dalam bidang infrastruktur khususnya jalan tol,” ucap Septiawan.

Program divestasi ruas tol Waskita terus berproses. Pada 2021 perseroan akan merealisasikan pelepasan kepemilikan saham di 9 ruas tol di Pulau Jawa dan Sumatra.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: