Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jet Siluman sampai Drone Hidrogen, Deretan Senjata Tempur Korsel yang Bikin Nyali Kim Jong-un Ciut

Jet Siluman sampai Drone Hidrogen, Deretan Senjata Tempur Korsel yang Bikin Nyali Kim Jong-un Ciut Kredit Foto: Reuters
Warta Ekonomi, Seoul -

Korea Selatan (Korsel) akan memulai pameran pertahanan dua tahunan pekan ini setelah Korea Utara belum lama ini mengadakan hal serupa.

Pameran pertahanan Korsel bakal memamerkan perangkat keras dan teknologi mutakhir termasuk pesawat tempur siluman, drone berbahan bakar hidrogen, dan senjata laser.

Baca Juga: Disokong Amerika, Korea Selatan Santai Balas Ancaman Militer Kim Jong-un

Penyelenggara acara mengumumkan pada Senin (18/10/2021) bahwa pameran Kedirgantaraan & Pertahanan Internasional Seoul (ADEX) akan berlangsung selama lima hari mulai Selasa (19/10) di Pangkalan Udara Seoul di Seongnam, tepat di selatan Seoul. Pameran edisi tahun ini di Seoul melibatkan 440 perusahaan dari 28 negara, termasuk 171 dari luar negeri.

Partisipasi tersebut menandai jumlah terbesar perusahaan yang berpartisipasi dalam pameran yang pertama kali diluncurkan pada 1996 itu.

Di antara alat-alat yang dipamerkan adalah drone besar berbahan bakar hidrogen, sistem pelatihan berbasis realitas virtual, sistem senjata laser, kendaraan tak berawak multiguna, serta puluhan pesawat militer, seperti pesawat tempur FA-50 dan pelatih dasar jet KT-1. ADEX juga akan menampilkan senjata berbasis darat, termasuk tank tempur K-2 dan howitzer K-9.

"Pameran ini akan menjadi peluang bagi industri Korea untuk mengambil lompatan ke depan di pasar global. Kami mengharapkan ekspor yang lebih besar dalam jajaran produk baru," kata penyelenggara acara, Lee Jong-ho seperti dikutip laman Yonhap News Agency, Senin (18/10).

Dia mengatakan di antara peserta utama adalah perusahaan pertahanan AS, Lockheed Martin Corp., yang akan menampilkan pesawat tempur F-22 dan F-35 yang mampu menghindari radar. Boeing juga akan ambil bagian untuk memamerkan helikopter Apache AH-64E dan pesawat angkut MV-22 yang mampu lepas landas dan mendarat secara vertikal.

Korea Aerospace Industries akan menampilkan model seukuran jet tempur asli pertama negara Korsel, KF-X, yang saat ini sedang dikembangkan. Pameran ini juga akan mengungkap satu set perangkat keras militer yang berjalan pada sumber daya hijau, seperti sel drone kargo bertenaga hidrogen yang dikembangkan oleh LIG Nex1 Co.

"Sekitar 20 simposium dan konferensi internasional akan diadakan di sela-sela pameran juga," ujar penyelenggara. Dalam acara pratinjau pada Senin, pesawat angkut tanker militer KC-330, pesawat pengintai RF-16, bersama dengan jet F-15K dan KF-16 terbang di atas tempat tersebut, bersama dengan tim penerbangan akrobatik Angkatan Udara, Black Eagles.

Pameran pertahanan Korsel diadakan sepekan setelah pertunjukan pertahanan Pyongyang yang menghadirkan rudal balistik antarbenua, rudal hipersonik, dan senjata lainnya. Pameran itu dikatakan sebagai sebuah pengingat nyata akan ancaman rezim yang terus berkembang.

Korea Utara menjadi tuan rumah pameran pengembangan pertahanan pekan lalu. Pameran itu dijuluki "Bela Diri-2021" untuk menandai ulang tahun ke-76 berdirinya Partai Buruh yang berkuasa.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: