Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ganti Kelamin Lalu Dipecat, Mengenaskan! Tentara Muda Korsel Putuskan untuk Akhiri Hidupnya

Ganti Kelamin Lalu Dipecat, Mengenaskan! Tentara Muda Korsel Putuskan untuk Akhiri Hidupnya Kredit Foto: Reuters
Warta Ekonomi, Seoul -

Seorang tentara Korea Selatan (Korsel) telah dipecat secara paksa dari militer setelah menjalani operasi penggantian kelamin pria. Dia ditemukan tewas, yang dinyatakan sebagai bunuh diri.

Kematian tentara transgender tersebut telah memicu kemarahan publik hari ini (5/3/2021). Publik Korea Selatan menyerukan reformasi hukum.

Baca Juga: Berbagai Cara Dipakai untuk Membelot, Pria Korut Habiskan 6 Jam untuk Berenang ke Korsel

Petugas pemadam kebakaran menemukan Byun Hee-soo di rumahnya di Cheongju setelah seorang penasihat kesehatan mental menelepon layanan darurat untuk melaporkan bahwa dia tidak terdengar kabarnya selama beberapa hari.

Korea Selatan tetap sangat konservatif tentang masalah identitas seksual dan kurang toleran terhadap hak-hak lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) dibandingkan beberapa bagian lain di Asia. Banyak gay dan transgender Korea yang sebagian besar hidup di bawah pengawasan.

Byun, mantan sersan staf berusia 20-an tahun. Dia mendaftar militer secara sukarela pada 2017. Dia kemudian menjalani operasi penggantian kelamin pada 2019 di Thailand.

im-146099?width=1280&size=1.33333333

Kementerian Pertahanan mengklasifikasikan pencabutan alat kelamin laki-lakinya sebagai cacat mental atau fisik, dan panel militer memutuskan tahun lalu bahwa dia akan diberhentikan secara wajib.

Pada saat itu dia melepaskan anonimitasnya untuk tampil di konferensi pers, memohon dengan air mata agar diizinkan untuk melayani militer Korea Selatan. Dia saat itu mengenakan seragamnya dan memberi hormat kepada wartawan dan juru kamera yang berkumpul.

“Saya adalah seorang tentara Republik Korea,” katanya, dengan suaranya yang pecah.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: