Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Alamak! Orang-orang Korea Selatan Ternyata Paling Sedikit Melahirkan karena...

Alamak! Orang-orang Korea Selatan Ternyata Paling Sedikit Melahirkan karena... Kredit Foto: Antara/REUTERS/Heo Ran
Warta Ekonomi, Seoul -

Tingkat kesuburan Korea Selatan (Korsel) menyentuh level terendah di dunia tahun lalu, di tengah pandemi virus Corona, hingga menyebabkan pasangan enggan menikah dan memiliki keturunan.

Jumlah bayi yang diharapkan lahir dari satu perempuan Korea Selatan, hanya 0,84 pada 2020. Angka ini, terjun bebas dari rekor terendah sebelumnya, yakni 0,92 pada tahun sebelumnya, menurut data resmi tahunan dari Statistik Korea, dikutip Reuters, Rabu (24/2/2021).

Baca Juga: Italia Terapkan Lockdown, Angka Kelahiran Merosot Tajam

Angka itu menjadi yang terendah di antara 180 lebih negara anggota Bank Dunia, dan jauh di bawah 1,73 di Amerika Serikat dan 1,42 di Jepang. Tonggak sejarah yang kelam itu terjadi setelah populasi untuk pertama kalinya turun pada tahun lalu.

Negara dengan kekuatan ekonomi terbesar keempat Asia itu juga merupakan negara dengan penuaan tercepat di negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (Organisation for Economic Co-operation and Development/OECD).

Pemerintah Korsel gagal menaikkan angka kelahiran yang turun, meski telah menggelontorkan miliaran dolar setiap tahunnya untuk subsidi perawatan anak dan tunjangan cuti melahirkan. Kota Seoul sendiri mencatat tingkat kelahiran terendah, yakni 0,64.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: