Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

3 Negara Barat Ngadu ke PBB Gegara Korea Utara Luncurkan Rudal Balistik

3 Negara Barat Ngadu ke PBB Gegara Korea Utara Luncurkan Rudal Balistik Kredit Foto: AP Photo/Lee Jin-man
Warta Ekonomi, Washington -

Amerika Serikat, Inggris dan Prancis telah mengatakan kepada PBB bahwa Korea Utara, yang menguji apa yang dikatakannya sebagai rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (SLBM) "tipe baru" pada Selasa (19/10/2021), terus memajukan program senjatanya, meskipun ada sanksi internasional.

Berbicara kepada media secara terpisah, menjelang pertemuan darurat Dewan Keamanan yang diadakan pada Rabu (20/10/2021) setelah tes, duta besar ketiga negara mengutuk peluncuran itu sebagai "provokasi" baru.

Baca Juga: Pakar Pertahanan Ingatkan Jangan Lengah dengan Rudal Balistik Kapal Selam Korea Utara

Tanpa berbicara tentang kemungkinan sanksi baru atau tindakan bersama oleh dewan, mereka mengatakan mereka akan menyerukan sanksi internasional yang ada untuk diterapkan secara lebih efektif.

James Bays dari Al Jazeera, melaporkan dari PBB, mengatakan panggilan itu mencerminkan rasa "frustrasi nyata" di antara anggota dewan keamanan barat.

Pyongyang secara bertahap meningkatkan persenjataan militernya sejak pembicaraan tentang denuklirisasi gagal pada 2019 menyusul runtuhnya KTT Hanoi antara Kim dan Presiden AS saat itu Donald Trump. Itu dilarang menguji rudal balistik di bawah sanksi PBB.

Uji coba SLBM adalah yang pertama sejak 2019 dan mengikuti uji coba rudal jelajah berkemampuan nuklir baru-baru ini dan apa yang dikatakan Korea Utara sebagai rudal hipersonik.

Korea Utara telah membela tes yang diperlukan untuk pertahanannya sendiri dan menyalahkan Amerika Serikat atas meningkatnya ketegangan di kawasan itu. Pada Kamis (21/10/2021) itu menuduh AS "standar ganda" atas pengujian senjata,

"Ini adalah standar ganda yang jelas bahwa Amerika Serikat mencela kami karena mengembangkan dan menguji sistem senjata yang sama yang sudah atau sedang dikembangkannya, dan itu hanya menambah kecurigaan pada ketulusan mereka setelah mengatakan bahwa mereka tidak memiliki permusuhan terhadap kami," kata juru bicara kementerian luar negeri. kata dalam sebuah pernyataan yang dibawa oleh kantor berita negara, KCNA.

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: