Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cara Atasi Baterai HP yang Tak Bisa Penuh

Cara Atasi Baterai HP yang Tak Bisa Penuh Kredit Foto: Dok. Roboost
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pernahkan Anda mengalami kendala saat mengisi daya (charging) ponsel Android, seperti proses yang lambat, atau daya yang tak kunjung bertambah?

Jika iya, maka ada sejumlah potensi penyebab; mulai dari kesalahan pada stop kontak (colokan) hingga masalah pada perangkat lunak ponsel.

Namun, jangan cemas, sebab ada sejumlah cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi masalah pada proses pengisian daya pada HP Android. Tim Warta Ekonomi (WE) telah mengutipnya dari Business Insider, Senin (9/11/2020).

Baca Juga: Samsung Mau Rilis Galaxy S21 Lebih Cepat, Guna Rebut Pangsa Pasar Pesaing?

Baca Juga: Rogoh Jutaan Dolar, 7 Raksasa Teknologi Ini Dukung Kampanye Joe Biden

Cara Atasi Baterai HP yang Tak Bisa Penuh

1. Cek kabel pengisi daya

Pada umumnya, jika Anda mengisi daya memakai kabel yang bukan pasangan dari adaptor (kepala charger), maka akan ada masalah pada proses pengisian daya; seperti lambatnya proses pengisian. Hal itu juga bisa terjadi bila kabel sering Anda gulung.

Untuk itu, pastikan Anda mengisi daya HP dengan kabel yang tidak tertekuk/tergulung. Jika tak berhasil, maka gunakan kabel lain.

2. Periksa stop kontak

Jika masalah terdapat di stop kontak, maka Anda perlu memutuskan/mematikan sirkuitnya lebih dulu.

3. Adaptor

Anda perlu memastikan kalau kabel dan adaptor terhubung dengan benar, supaya proses mengisi daya lancar. Jika adaptor charger Anda bermasalah, maka biasanya daya tak akan bertambah.

Untuk memastikan kondisi adaptor, cobalah mengisi daya melalui komputer/laptop, menggunakan kabel data. Bila tak ada masalah, berarti adaptor Anda bermasalah atau tidak cocok dengan baterai HP Anda.

Ingat, tiap adaptor memiliki frekuensi serta kemampuan input/output yang berbeda. Jangan sembarangan mengganti adaptor bawaan dari produsen.

4. Pastikan port pengisian daya bersih

Lubang pengisi daya pada HP Anda juga berperan penting dalam proses isi baterai HP Android. Bersihkanlah lubang colokan dengan angin dengan tekanan. Jika terdapat masalah lanjutan pada port, maka Anda perlu pergi ke pusat perbaikan HP.

5. Restart HP

Pembaruan perangkat lunak (software) pada HP Android berpotensi mengonsumsi daya yang lebih banyak daripada versi sebelumnya. Apalagi, jika ada kekutu (bug) di dalamnya.

Bila hal itu terjadi, Anda perlu mematikan dan menyalakan ulang HP guna memastikan fungsi HP berjalan dengan normal. Jika ada masalah, maka Anda perlu menunggu pembaruan yang mengatasi kekutu tersebut.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Tanayastri Dini Isna

Bagikan Artikel: