Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Media Amerika Kuak Mengapa Bantuan Senjata NATO ke Ukraina Berisiko, Rusia Siap-siap

Media Amerika Kuak Mengapa Bantuan Senjata NATO ke Ukraina Berisiko, Rusia Siap-siap Kredit Foto: Antara/REUTERS/Francesco Brembati
Warta Ekonomi, Kiev, Ukraina -

Amerika Serikat dan sekutu NATO-nya telah mengirimkan bantuan militer senilai ratusan juta dolar ke Ukraina sejak 2014, termasuk peralatan tidak mematikan dan senjata canggih.

Rusia telah menyatakan keprihatinan bahwa senjata ini dapat digunakan oleh Kiev untuk mencairkan konflik sipil yang membeku di timur negara itu.

Baca Juga: Sebelum Terlambat, NATO Peringatkan Rusia Soal Penumpukan Militer di Ukraina

Penyediaan senjata AS dan NATO ke Ukraina dan upaya diplomatik blok itu untuk memberi ilusi kepada Kiev bahwa ia menikmati dukungan Barat yang kuat adalah resep untuk bencana, rekan senior Cato Institute dan kontributor National Interest, Ted Galen Carpenter, khawatir.

Dalam analisis baru-baru ini untuk majalah berita paleokonservatif, Carpenter memperingatkan bahwa para pemimpin Barat mengejar “strategi sembrono” di Ukraina telah “menimbulkan peringatan yang semakin tajam dari pejabat Kremlin,” dan memfasilitasi dugaan penumpukan pasukan Rusia di perbatasan.

“Penjualan senjata hanyalah salah satu komponen dari dukungan yang berkembang untuk Kiev di pihak Amerika Serikat dan beberapa sekutu NATO-nya. Presiden Joe Biden telah berulang kali menyatakan komitmen Washington terhadap kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina melawan 'agresi Rusia,' kata pengamat, seperti dilansir Sputnik, Selasa (16/11/2021).

"Pasukan AS dan Ukraina telah melakukan latihan militer bersama (permainan perang) pada beberapa kesempatan, dan pasukan Ukraina telah dimasukkan dalam latihan militer NATO. Memang, Ukraina menjadi tuan rumah versi terbaru dari manuver tersebut pada September 2021. Sebagai tanggapan atas tekanan Washington, Ukraina diperlakukan sebagai anggota NATO dalam semua kecuali nama,” sambungnya.

Menyebut kebijakan semacam itu "tidak perlu membuat ketidakstabilan," Carpenter menunjukkan bahwa pejabat Ukraina termasuk Presiden Volodymyr Zelensky telah mengambil keuntungan dari ekspresi dukungan dengan "membuat pernyataan jingoistik tentang merebut kembali Krimea," yang memisahkan diri dari Kiev pada Maret 2014 menyusul kudeta yang didukung Barat d'etat di Kiev, dan dengan mengancam akan “menghancurkan separatis di Donbass.”

Pejabat Rusia telah berulang kali menyatakan bahwa Moskow tidak memiliki rencana untuk menyerang negara mana pun, termasuk Ukraina, dengan juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan pada Jumat (12/11/2021) bahwa "Rusia tidak mengancam siapa pun," dan bahwa "pergerakan pasukan di wilayah kami harus menjadi menyebabkan kekhawatiran siapa pun.”

Komentar Peskov mengikuti klaim selama dua minggu terakhir oleh pejabat dan media AS tentang 'peningkatan pasukan Rusia' di dekat Ukraina. Pada awal November, Politico menerbitkan foto-foto satelit yang seolah-olah menunjukkan peralatan militer Rusia di wilayah Smolensk Rusia –lebih dari 250 km dari perbatasan Ukraina dan lebih dari 800 km dari zona konflik timur Ukraina yang membeku, dan mengklaim itu sebagai bukti penumpukan.

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: