Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Partai Baru Amien Rais Punya Tantangan Besar untuk...

Partai Baru Amien Rais Punya Tantangan Besar untuk... Kredit Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Warta Ekonomi -

Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais disebut bakal mendirikan partai baru. Rencana ini diungkapkannya setelah kecewa kongres partai itu di Kendari Sulawesi Tenggara beberapa waktu lalu yang memenangkan kembali Zulkifli Hasan.

Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Indo Strategi Research and Consulting (ISRC), Arif Nurul Iman, mengatakan sangat sulit bagi Amien dan loyalisnya jika memaksakan keluar PAN dan mendirikan partai baru.

"Peluang partai baru tentu akan lebih berat akan syarat Parlemen Threshold (PT) yang makin besar. Selain itu faktor lain seperti logistik, infrastruktur, dan ceruk massa juga menjadi beberapa syarat lain untuk bisa menjadi parpol yang lolos parlemen," kata Arif dikutip dari VIVA.

Baca Juga: Amien & Din Keras, Pengamat: PAN Gak Identik dengan Muhammadiyah

Untuk membuat partai, menurutnya, bisa saja dilakukan seorang Amien Rais mengingat pengalaman politiknya yang cukup panjang dan matang sehingga jaringan juga sudah sangat kuat. Namun dia menilai, tetap sulit untuk mampu menembus PT dan ikut menjadi salah satu kekuatan baru dalam perpolitikan Tanah Air ke depan.

Meskipun Amien adalah tokoh sentral di PAN, Arif juga sangsi kalau kader-kader yang saat ini di partai akan mengikuti jejak Amien mendirikan partai baru. Menurutnya, terlalu riskan untuk ikut ke partai baru walau ada nama besar Amien Rais.

"Pendukung dan simpatisan PAN saya kira tidak akan semua ikut partai baru besutan MAR [M Amien Rais]. Ada yang ikut tapi tidak semua, bahkan bukan mayoritas. Kalau partai baru ini cuma mengandalkan eksodus massa PAN sulit sekali untuk lolos, kecuali melakukan ekspansi diceruk-ceruk massa baru," jelasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Bagikan Artikel: