Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jeff Bezos Dituding Lakukan Monopoli Bisnis dan Jegal Perusahaan Lain

Jeff Bezos Dituding Lakukan Monopoli Bisnis dan Jegal Perusahaan Lain Kredit Foto: VOX
Warta Ekonomi, Jakarta -

Orang terkaya dunia, Jeff Bezos dituding telah melakukan monopoli bisnis dan menjadikan Amazon sebagai perusahaan yang memiliki kekuatan dominan di pasar ritel online AS. Dalam laporan yang dikabarkan CNBC International di Jakarta, Rabu (7/10/2020) Amazon memiliki kekuatan pasar yang signifikan dan tahan lama di pasar ritel online AS, dengan pangsa pasar yang jauh lebih tinggi daripada yang diperkirakan.

Dalam laporan itu juga menyenggol Google dan Facebook. Anggota parlemen berpendapat bahwa Amazon menjadi dominan di pasar ritel online sehingga memiliki kekuatan monopoli atas penjual pihak ketiga di pasarnya.

Baca Juga: Kacau! 19.000 Karyawan Orang Terkaya Dunia Positif Covid-19, Jeff Bezos Gimana Sih?

Laporan tersebut merekomendasikan berbagai solusi, termasuk memecah unit bisnis yang berbeda dan memaksa perusahaan untuk membuktikan bahwa merger akan pro-kompetitif sebelum memungkinkan mereka untuk menyimpulkan.

Dalam kasus Amazon, perusahaan dapat diminta untuk memisahkan situs e-niaga inti dari pasar pihak ketiga tempat vendor menjual produk mereka, dan dari layanan komputasi awan Amazon Web Services.

Laporan komite mengatakan Amazon kemungkinan menguasai sekitar 50% atau lebih pasar ritel online AS, yang lebih tinggi dari perkiraan peneliti eMarketer sebesar 38%.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: