Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Batan Gelar Anugerah Jurnalistik Batan 2020

Batan Gelar Anugerah Jurnalistik Batan 2020 Kredit Foto: Foto: Princeton.
Warta Ekonomi, Jakarta -

Teknologi nuklir terus dikembangkan di banyak negara untuk tujuan nonmiliter sehingga mampu memberikan beragam manfaat dan menjadi solusi terhadap permasalahan kehidupan manusia. Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi anggota IAEA telah menaruh perhatianyang besar dalam pengembangan pemanfaatan nuklir untuk tujuan damai, sejak tahun 1950-an.

Kegiatan tersebut dijalani oleh Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan). Batan sebagai lembaga riset milik pemerintah mempunyai tugas melakukan penelitian, pengembangan, dan pemanfaatan teknologi nuklir untuk kesejahteraan manusia sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Ketenaganukliran.

Baca Juga: Akhirnya, Indonesia Punya 2 Apoteker Spesialis Farmasi Nuklir

Beberapa kegiatan yang telah dicapai BATAN dalam menjalankan tugasnya adalah melakukan penelitian pemanfaatan nuklir di bidang pertanian, kesehatan, industri, lingkungan, dan energi. Di bidang pertanian, Batan antara lain telah menghasilkan 21 varietas padi unggul tahan hama, umur panen yang pendek, rasanya enak, serta produksinya mencapai 9-10 ton per hektare. Di bidang kesehatan, Batan telah memproduksi radio isotop yang digunakan untuk mendiagnosis beberapa penyakit, salah satunya adalah penyakit kanker.

Tak hanya itu, di bidang energi, Batan telah merancang pembangkit listrik bertenaga nuklir. Hal ini didukung penemuan sumber bahan radio aktif di beberapa daerah di Indonesia. Dengan demikian, nuklir dapat menjadi salah satu alternatif bahan baku energi untuk memenuhi kebutuhan listrik nasional yang masih menjadi masalah di Indonesia. Sementara itu, sumber energi utama seperti minyak dan batu bara sebagai bahan baku pembangkit listrik cadangannya telah menipis.

Di bidang kesehatan, Batan pun telah lama mengaplikasikan teknologi nuklir untuk berbagai aspek medis, antara lain, untuk diagnostik dan sterilisasi. Saat ini, dunia tengah menghadapi pandemi Covid-19 yang telah menjangkiti jutaan orang hingga mengakibatkan banyak kematian. DalamĀ  hal ini, Batan tak ketinggalan melakukan upaya memerangi virus mematikan ini di Indonesia dengan pendekatan teknologi nuklir.

Inovasi yang dihasilkan antara lain terkait dengan aspek perancangan alat untuk penanganan pasien dan aspek pencegahan penularan. Terkait dengan sosialisasi dan publikasi pencapaian tersebut, Batan bekerja sama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Mapiptek) menyelenggarakan ANUGERAH JURNALISTIK BATAN 2020.

ANUGERAH JURNALISTIK BATAN (AJB) merupakan lomba tahunan yang diadakan BATAN sejak tahun 2018 dalam rangka HUT BATAN yang jatuh pada 5 Desember. Lomba tingkat nasional ini ditujukan bagi wartawan media cetak dan wartawan media online.

Adapun tahun ini yang merupakan ajang ketiga penyelenggaraan AJB, panitia menetapkan Temalomba "Iptek Nuklir Mendukung Pembangunan Berkelanjutan". SubTema: Aplikasi Teknologi Nuklir di Bidang Pertanian, Kesehatan, Industri, Energi, serta Bidang Keselamatan dan Keamanan.

Berikut kriteria lombanya:

1. Naskah atau tulisan yang diterima Panitia adalah yang telah diterbitkan di media massa baik cetak maupun online selama kurun waktu 1 Januari 2020 hingga 15 November 2020. Batas akhir pengiriman naskah 16 November 2020;

2. Tulisan yang diterima untuk dinilai tim juri adalah: a) telah diterbitkan pada batas waktu yang ditetapkan; b) sesuai tema atau subtema; c) dalam bentuk artikel liputan mendalam atau feature investigasi;

3. Tulisan hendaknya mengangkat kiprah Batan terkait tema atau subtema;

4. Seleksi awal dilakukan oleh tim seleksi dari Panitia AJB 2020;

5. Naskah yang lolos seleksi awal akan dinilai oleh Dewan Juri yang terdiri dari pakar iptek nuklir, pengamat iptek nuklir, dan wartawan senior bidang iptek;

6. Keputusan dewan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat;

7. Pemenang akan mendapat hadiah berupa uang total sebesar Rp25 juta, plakat, dan piagam;

8. Apresiasi bagi pemenang lomba akan dilaksanakan pada Acara Puncak Hari Ulang Tahun ke-62 Batan yang menurut rencana akan diadakan di Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan, pada 7 Desember 2020;

9. Naskah cetak dikirim ke:

PANITIA ANUGERAH JURNALISTIK BATAN 2020

Humas BATAN

Kantor Pusat BATAN

Jl. Kuningan Barat, Mampang Prapatan Jakarta, 12710 Telp.(021)525-1109

Naskah soft file dikirim ke e-mail: [email protected] dan [email protected]

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: