Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bukan Iran Maupun Korut, Negara Inilah yang Sedang Bangun Fasilitas Nuklir Terbesar di Dunia

Bukan Iran Maupun Korut, Negara Inilah yang Sedang Bangun Fasilitas Nuklir Terbesar di Dunia Kredit Foto: Creative Commons
Warta Ekonomi, Jerusalem -

Israel sedang menjalankan proyek konstruksi fasilitas nuklir terbesar dalam beberapa dekade terakhir. Proyek ini termasuk pusat program senjata atom yang dirahasiakan.

Foto satelit dianalisis oleh Associated Press menunjukkan gambaran seluas lapangan sepak bola dan kemungkinan beberapa lantai di bawah tanah. Lokasinya berada hanya beberapa meter dari reaktor tua di Pusat Penelitian Nuklir Shimon Peres di Negev, dekat Kota Dimona.

Baca Juga: Waspada, Israel Bisa Lakukan Cara Apapun buat Cegah Nuklir Iran

Fasilitas tersebut sudah menjadi lokasi bagi laboratorium bawah tanah berusia puluhan tahun. Laboratorium itu memproses kembali batang reaktor bekas untuk menghasilkan plutonium tingkat senjata untuk program bom nuklir Israel.

Selama beberapa dekade, tata letak fasilitas Dimona tetap sama. Namun, pekan lalu, Panel Internasional tentang Bahan Fissile di Universitas Princeton mencatat telah melihat konstruksi baru yang signifikan di situs tersebut.

Hasil itu terlihat melalui foto satelit yang tersedia secara komersial, meskipun hanya sedikit detail yang dapat dibuat. Gambar satelit yang diambil Senin oleh Planet Labs Inc. memberikan pandangan paling jelas tentang aktivitas tersebut.

photo

Gambar Planet Labs menunjukkan penggalian di dekat reaktor dimulai pada awal 2019 dan telah berlangsung perlahan sejak saat itu. Hingga saat ini, rincian jelas tentang tujuan konstruksi itu masih belum jelas. Pemerintah Israel belum memberikan komentar atas temuan pembangunan rahasia tersebut.

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: