Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gak Ada Habisnya! Kedubes AS di Irak Lagi-lagi Jadi Sasaran Tembak Roket, Duh Zona Hijau...

Gak Ada Habisnya! Kedubes AS di Irak Lagi-lagi Jadi Sasaran Tembak Roket, Duh Zona Hijau... Kredit Foto: Antara/Via Reuters/Thaier al-Sudani
Warta Ekonomi, Baghdad -

Sebuah roket dilaporkan telah ditembakkan ke Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di ibu kota Irak, Baghdad. Setidaknya tiga roket menargetkan bangunan di Zona Hijau yang dijaga ketat di Baghdad.

Salah satu roket jatuh dalam perimeter Zona Hijau sedangkan roket lain mendarat di lingkungan pemukiman sekitarnya.

Baca Juga: Kejutan! Paus Fransiskus Agendakan Kunjungan ke Irak, Apa yang Sebenarnya Dituju?

Kedutaan Besar AS mengutuk serangan itu dan mendesak semua pemimpin politik dan pemerintah Irak untuk mengambil langkah-langkah untuk mencegah serangan tersebut dan meminta pertanggungjawaban.

“Kedutaan Besar AS mengonfirmasi roket yang menargetkan Zona Internasional yang menampung sistem pertahanan Kedutaan. Ada beberapa kerusakan kecil di kompleks Kedutaan tetapi tidak ada korban luka atau korban,” terang pernyataan itu.

Sebuah pernyataan dari militer mengatakan tidak ada korban dan penyelidikan sedang berlangsung. Namun beberapa kendaraan dilaporkan rusak.

Roket tersebut dilaporkan diluncurkan dari daerah Salam di Baghdad. Hingga saat ini tidak ada yang langsung mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

“Dua roket jatuh di Zona Hijau, tanpa menimbulkan korban, dan tindak lanjut oleh pasukan keamanan terus berlanjut,” terang pernyataan dinas keamanan Irak yang dirilis di Twitter.

Sebuah sumber keamanan di Zona Hijau mengatakan sistem pertahanan anti-roket C-RAM yang ditembakkan di kedutaan AS tidak meledak karena roket tidak diproyeksikan untuk mendarat di dalam kompleks diplomatik.

Sebuah sumber keamanan mengatakan kepada AFP setidaknya satu roket menghantam markas besar Dinas Keamanan Nasional Irak di dekat misi diplomatik AS, merusak beberapa mobil yang diparkir di sana.

Koalisi pimpinan AS yang dikerahkan di Irak sejak 2014 untuk membantu pasukan lokal memerangi jihadis juga mengoperasikan pangkalan di dekat kedutaan Amerika.

"Koalisi melaporkan tidak ada kerusakan atau cedera," kata juru bicara koalisi Wayne Marotto di Twitter.

Militer mengatakan setidaknya satu roket lainnya jatuh ke daerah pemukiman terdekat di Harithiya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: