Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Presiden Jokowi Bertemu PM India, Bahas Kerja Sama Kesehatan

Presiden Jokowi Bertemu PM India, Bahas Kerja Sama Kesehatan Kredit Foto: BPMI/Rusman
Warta Ekonomi, Roma, Italia -

Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi, di sela-sela KTT G20 di La Nuvola, Roma, Italia, Minggu (31/10/2021).

Pada awal pertemuan, Presiden Jokowi mengungkapkan senang melihat angka kasus COVID-19 di kedua negara yang terus mengalami kemajuan secara signifikan.

Baca Juga: Dari Australia hingga Turki, Jokowi Sukses Bawa Isu-isu Penting ke Para Pemimpinnya

"Perkembangan ini tidak terlepas dari kerja sama kedua negara dalam penanganan COVID–19. Sudah menjadi komitmen Indonesia untuk terus memajukan kemitraan mitra strategis komprehensif dengan India," ujar Presiden Jokowi dikutip VIVA dari siaran pers Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Senin (1/11/2021).

Selanjutnya, Presiden Jokowi juga membahas mengenai presidensi G20 Indonesia yang tidak terlepas dari peran India yang bertukar tempat. Dengan mengusung tema besar "Recover Together, Recover Stronger", Indonesia akan menyuarakan kepentingan negara berkembang dalam G20. 

"Indonesia berharap, pemulihan ekonomi tidak hanya terjadi di negara maju, namun juga di negara berkembang," kata Presiden.

Dalam kaitan ini, PM India menyampaikan dukungan penuh atas keketuaan Indonesia pada tahun 2022, serta menyampaikan kesiapan untuk berkontribusi dalam mensukseskan keketuaan Indonesia. India akan menjadi Ketua G20 tahun 2023.

Hal lain yang dibahas kedua pemimpin yaitu kerja sama di bidang kesehatan. Presiden berharap industri farmasi kedua negara dapat melakukan kerja sama produksi bersama bahan baku obat (BBO), termasuk melalui pengembangan kapasitas antara perusahaan farmasi kedua negara.

"Selain BBO, kerja sama pengembangan vaksin kedua negara juga harus terus didorong," kata Presiden Jokowi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: