Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Persiapan Perang dengan China, India Kebut Pembangunan Jalan di Perbatasan

Persiapan Perang dengan China, India Kebut Pembangunan Jalan di Perbatasan Kredit Foto: Getty Images/AFP
Warta Ekonomi, New Delhi -

Ligan Elyas dan teman-temannya terlihat sedang menggunakan excavator di daerah Sungai Zanskar dekat perbatasan Tiongkok dan India pada Selasa (29/9/2020) kemarin.

Mereka kemudian membuat alat berat tersebut mendorong sebagian pasir ke dalam sungai agar bisa membuat sebuah bentuk jalanan baru.

Baca Juga: Ini Lho Bukti-bukti India Ingkar Janji dan Bodoh-bodohi China

Jalan ini dibuat oleh India di daerah tersebut sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu harus kembali berperang melawan Tiongkok di daerah perbatasan.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Al-Jazeera, pembangunan konstruksi ini dilakukan di dekat daerah Ladakh.

Itu berjarak 250 kilometer dari lokasi dimana tentara India dan juga Tiongkok beberapa waktu lalu melakukan konfrontasi militer secara terang-terangan.

Saat jalan ini selesai, akses militer India menuju ke kota Ladakh hingga zona perbatasan sengketa akan menjadi lebih kuat.

Di tempat ini tersedia sebuah jalan dan juga helipads untuk pendaratan helikopter yang bisa digunakan oleh para tentara.

"Ini akan jauh mempermudah tentara jika jalan sudah selesai," jelas Eliyas menjelaskan perihal jalan tersebut.

Pembangunan jalan ini merupakan program pemerintah demi memperkuat pertahanan yang ada di daerah perbatasan.

Jalan tersebut diharapkan dalam tiga tahun kedepan sudah bisa rampung dikerjakan dan terhubung dengan sebuah terowongan sepanjang 8,8 kilometer yang menghubungkan daerah Ladakh dengan zona perbatasan.

Pemerintah India menganggap bahwa apa yang mereka lakukan ini adalah persiapan jika harus menghadapi konflik militer lagi dengan tentara Tiongkok.

"Kita tidak akan mundur dari mengambil langkah besar dan tangguh demi kepentingan negara ini.Konstruksi ini sendiri sebenarnya menjadi masalah pelik dengan Tiongkok.

"Mereka mengeluh bahwa aktivitas pembangunan tersebut tidaklah stabil. Tapi Tiongkok juga membangun hal yang sama beberapa tahun lalu. Apa yang kami lakukan saat ini hanya untuk mengimbangi mereka saja," jelas Menteri Pertahanan India, Rajnath Singh.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: